Ekspor Perdana, 114 Bunga Anggrek Asal Malang Tembus Pasar Taiwan

Bea Cukai lakukan ekspor perdana
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bawah pengawasan Bea Cukai Malang, Badan Usaha Milik (BUM) Desa Bersama Singosari lkd., berhasil merealisasikan ekspor perdana bunga anggrek sejumlah 114 buah ke Taiwan. Seremoni ekspor perdana tersebut dilaksanakan di Griya Anggrek Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pada Senin (19/02).

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

“Keberhasilan ekspor ini merupakan wujud kolaborasi dari berbagai lintas kementerian dan lembaga yang turut hadir dalam pelepasan ekspor perdana ini,” ujar Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang, Dwi Prasetyo Rini.

Dwi mengungkapkan bahwa kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Abdul Halim Iskandar), Bupati Malang (Sanusi), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur (Budi Sarwoto), Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Jawa Timur (Muhlis Natsir), Kepala Kantor Bea Cukai Malang (Gunawan Tri Wibowo), perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan perwakilan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI).

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

“Ekspor ini sekaligus untuk pameran, mendahului ekspor besar berikutnya. Yang diekspor tanaman dewasa 113 buah Dendrobium spp. Hybrida dan 1 buah Dendrobium Lasianthera. Berikutnya pada bulan Juni atau Juli 2024 anggrek akan diekspor ke Jepang," ujar Agus Sudrikamto, Direktur BUM Desa Bersama Singosari lkd.

Lebih lanjut Dwi mengatakan bahwa total devisa ekspor yang diperoleh atas ekspor 114 buah bunga anggrek ini mencapai 1.600 USD. Ekspor diberangkatkan dari Malang pukul 21.00 WIB menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya, untuk kemudian diterima di Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

“Dengan adanya kegiatan ekspor perdana ini, menunjukan bahwa UMKM tanaman hias di wilayah Malang Raya memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar internasional. Diharapkan berawal dari pelepasan ekspor perdana ini dapat memacu dan memberikan motivasi kepada UMKM lain khususnya di bidang tanaman hias untuk dapat merealisasikan ekspornya,” pungkas Dwi.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024