5 Hal yang Harus Diperhatikan Jauh-jauh Hari Jika Ingin Mudik Pakai Mobil

Ilustrasi mudik pakai mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Selain naik transportasi umum, seperti kereta, pesawat udara ataupun bus, road trip menggunakan mobil juga menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mudik.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Ditambah lagi, pengalaman mudik menggunakan mobil menambah kesan serta pengalaman tersendiri buat keluarga.

Nah, bagi Anda yang sudah merencanakan mudik menggunakan mobil dari jauh-jauh hari, agar perjalanan bersama keluarga lancar terutama saat menempuh perjalanan panjang tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Mulai dari perencanaan perjalanan, mengecek kondisi kesehatan mobil dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas lagi, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik menggunakan mobil bersama keluarga.

Rencanakan Perjalanan dan Bujet

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Langkah awal melakukan perjalanan mudik dengan mobil adalah dengan merencanakan perjalanan seperti tujuan, rute yang dipilih serta lokasi-lokasi yang akan dikunjungi.

Selain itu, jika perjalanannya memakan waktu lebih dari satu hari, Anda juga harus merencanakan dimana akan menginap serta biaya yang diperlukan untuk akomodasi dan konsumsi.

Dengan begini, Anda bisa memiliki tujuan perjalanan yang pasti dan bujet yang telah disiapkan dari jauh-jauh hari.

Cek Kondisi Kendaraan

Nah, karena kendaraan adalah hal yang paling krusial, untuk rencana mudik tidak hanya cukup ganti oli saja, tetapi banyak yang harus dicek mulai dari rem, radiator, injeksi atau karburator, kaki kaki dan tentu saja kenyamanan berkendara saat di perjalanan yaitu AC. Jangan sampai AC tidak dingin sehingga membuat perjalanan jadi kepanasan dan tidak bisa dinikmati.

Jika ada beberapa suku cadang yang akan diganti lebih baik beli lewat Bukalapak yang dikenal lengkap dengan suku cadang kendaraan. Harganya jauh lebih murah namun pastikan sudah mengenal penjual yang hanya menjual barang original.

Enaknya lewat Bukalapak karena bayarnya bisa lewat pembayaran Bukalapak paylater dari Kredivo. Cocok banget buat beli onderdil mobilnya sekarang tapi bayarnya sebulan kemudian.

Tersedia juga pembayaran dengan tenor 1 dan 3 bulan dengan bunga rendah 0% saja. Masih kurang fleksibel? Ada cicilan tenor 6 hingga 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2.6% saja per bukan. Limitnya juga besar khusus bagi member premium hingga Rp50 juta. Kredivo sudah terdaftar di OJK sehingga aman.

Pastikan Memiliki Asuransi Kendaraan

Agar tidak mengalami hal yang tidak diharapkan, pastikan kendaraan yang Anda pakai sudah diasuransikan. Sehingga jika terjadi kecelakaan atau kerusakan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena sudah terlindungi asuransi.

Siapkan Dana Darurat

Jangan lupa juga menyiapkan dana darurat untuk selama diperjalanan. Dana darurat untuk perjalanan mudik menggunakan mobil paling tidak diambil persentase 10% dari total budget roadtrip.

Apabila budget yang Anda siapkan untuk perjalanan ini sebesar Rp10 juta, artinya Anda perlu menyiapkan dana darurat Rp1 juta.

Dana darurat ini digunakan hanya untuk dana yang belum dialokasikan saja. Jangan mengambil uang untuk parkir atau tol dari dana darurat. Harapannya jika dana darurat tidak terpakai dalam road trip bisa dikembalikan lagi ke pos anggaran lainnya.

Siapkan Kondisi Fisik Keluarga untuk Perjalanan Panjang

Hal yang tidak kalah penting saat akan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil adalah mempersiapkan kondisi fisik jangan sampai ngedrop saat perjalanan. Terutama pengemudi yang harus bisa mengatur ritme istirahat biasanya antara 3 jam hingga 6 jam sekali beristirahat entah itu di rest area atau di pom bensin yang kerap dijadikan tempat istirahat sementara.

Akan lebih baik jika memiliki pengemudi cadangan agar perjalanan makin efisien. Sehingga pada saat pengemudi utama istirahat perjalanan tetap bisa dilanjutkan oleh pengemudi cadangan. Begitu seterusnya agar bisa bertukar peran selama perjalanan sehingga kondisi fisik bisa terbantu agar tidak terlalu lelah saat mengemudi untuk perjalanan yang panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya