Bea Cukai Juanda Cegah Peredaran Barang Berbahaya Lewat Pemusnahan

Bea Cukai musnahkan barang tidak memenuhi persyaratan impor
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Juanda musnahkan barang tidak memenuhi persyaratan impor yang dinyatakan tidak dikuasai (BTD) serta barang yang menjadi milik negara (BMN). Pemusnahan digelar pada Selasa (19/03) di perusahaan tempat pengelolaan limbah milik PT Sahabat Agung Sejati, Kabupaten Pasuruan.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Barang yang dimusnahkan terdiri dari BTD dalam kondisi busuk, rusak berat, tidak bernilai ekonomis, kadaluarsa, dan tidak layak konsumsi, serta BMN yang terkena ketentuan larangan atau pembatasan impor.

“Jadi salah satu upaya kami menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat dari barang-barang yang tidak memenuhi persyaratan impor,” jelas Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Juanda, Irwan Kurniawan.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Terkait lokasi pemusnahan, “Kami melakukannya di PT Sahabat Agung Sejati karena memiliki sarana dan prasarana yang lengkap serta metode pemusnahan yang sesuai dengan jenis barang, Proses pemusnaham pun masih dalam pengawasan kami,” imbuh Irwan.

“Semoga pemusnahan ini dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh barang-barang tersebut,” tutupnya.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah
Ilustrasi industri manufaktur

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Langkah Kementerian Perindustrian dalam mengeluarkan aturan terbaru terkait impor elektronik dinilai tepat untuk pengembangan industri manufaktur lokal.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024