Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Pembayaran Bukalapak paylater
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Apabila Anda tertarik untuk menggunakan kendaraan mobil untuk perjalanan mudik lebaran nanti, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Hal yang sudah pasti Anda lakukan adalah membawa mobil ke bengkel yang dipercaya untuk dilakukan general check up, dengan biaya yang masih terjangkau antara Rp250 ribu sampai dengan Rp300 ribuan saja.

Nah, apabila ada beberapa suku cadang yang harus diganti, supaya lebih hemat dan fleksibel, Anda bisa membeli sendiri secara online di Bukalapak agar bisa memanfaatkan pembayaran Bukalapak paylater.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut part mobil yang wajib dicek sebelum Anda gunakan untuk perjalanan mudik lebaran.

Ban

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Sebenarnya kondisi ban yang masih baik tidak perlu dilakukan penggantian. Hal yang paling penting adalah mengecek tekanan ban apalagi jika sudah digunakan untuk perjalanan jauh. Pastikan tekanan ban disesuaikan kembali sesuai dengan standar tekanan ban yang disarankan oleh pabrik.

Tekanan ban umumnya akan berubah atau berkurang disebabkan karena kondisi jalan, suhu atau temperatur serta kecepatan kendaraan. Jika ditemukan retak-retak pada sisi bagian luar ban meskipun ban masih terlihat tebal, sebaiknya segera diganti karena cukup beresiko ban akan pecah di jalan.

Oli Mesin

Jika oli mesin sudah diganti sebelum melakukan perjalanan mudik, hal yang perlu dicek adalah tinggi permukaan olinya melalui dipstick. Keluarkan dipstick ketika mesin mobil masih dingin. Lihat batas olinya apakah berkurang atau tetap sama. Jika berkurang, Anda bisa menambahkan sedikit oli mesin sampai batas normal.

Jika oli mesin berkurang banyak, cek kolong untuk mencari sumber kebocoran. Segera lakukan perbaikan jika terlihat kebocoran di bagian mesin atau bak penampungan oli. Segera lakukan penggantian oli jika km yang ditempuh sudah melewati batasnya. Rata-rata oli standar perlu diganti setelah kendaraan menempuh perjalanan sekitar 5.000 km.

Namun, jarak tempuh tidak selalu menjadi patokan utama. Jika kendaraan jarang digunakan tetapi sering dipanaskan, paling tidak oli kendaraan perlu diganti setiap enam bulan sekali.

Air Radiator

Bagi mobil yang masih menggunakan air biasa atau air AC sepertinya sudah harus bermigrasi ke air radiator coolant. Selain lebih tahan panas, coolant juga akan melindungi bagian dalam sirkulasi radiator dari bahaya karat. Jika itu terjadi, tentu akan menghambat sirkulasi yang berujung pada overheat.

Langkah yang perlu dilakukan sebelum mengganti air radiator adalah dengan melakukan korok radiator dan flushing terlebih dahulu. Setelah dipastikan saluran bersih, barulah mengisi dengan coolant. Cek juga waterpump apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Kampas Rem

Hal yang paling ringan namun sangat menentukan keselamatan adalah ketebalan kampas rem. Part ini yang usianya paling singkat karena sering digunakan. Jadi, cek secara berkala ketebalan kampas rem. Jika sudah terdengar bunyi-bunyi segera lakukan penggantian agar tidak memakan besi roda.

Filter udara

Jika tarikan mesin dan tarikan gas terasa berat, cobalah cek filter udaranya. Jika filter udara sudah sangat kotor, sepertinya tidak cukup hanya dibersihkan biasa saja. Gantilah filter udara dengan yang baru agar pembakaran menjadi lebih sempurna dan tarikan gas bisa kembali enteng.

Beli Part Online Lebih Fleksibel

Nah, jika Anda sudah berpengalaman mengganti beberapa part itu sendiri, Anda bisa membeli partnya secara online, atau juga bisa membawa part pembelian sendiri ke bengkel langganan. Namun, pastikan nomor part sesuai sehingga Anda tidak perlu repot melakukan retur.

Beberapa part kendaraan bisa Anda dapatkan di Bukalapak, dengan harga yang bervariasi dan barang-barang lebih lengkap. Jika bayar menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran Bukalapak paylater, lebih mudah, cepat dan fleksibel!

Anda bisa menikmati kredit dengan bunga rendah, mulai dari 0% untuk tenor 1 dan 3 bulan, serta tenor yang lebih panjang 6 dan 12 bulan, dengan bunga ringan mulai dari 1,99% per bulan. Limit yang diberikan juga cukup besar, maksimal hingga Rp50 juta bagi member premium.

Lebih praktis dan #Sefleksibelitu kan pakai Kredivo? Yuk, download aplikasinya di Apps Store atau Play Store di smartphone Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya