Vessel Declaration Bea Cukai untuk Gelaran Bintan Regatta 2024

Indonesia menjadi tuan rumah kontes perahu layar (sailing) internasional
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Indonesia menjadi tuan rumah kontes perahu layar (sailing) internasional bertajuk Bintan Regatta 2024 yang digelar di Lagoi, Bintan pada tangal 29-31 Maret 2024.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Penyelenggaraan event tersebut tak lepas dari pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Tanjungpinang, sebagai garda terdepan pintu masuk kedatangan internasional. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjungpinang, Faisal Rusydi, menyebutkan salah satu layanan yang diberikan Bea Cukai Tanjungpinang ialah vessel declaration terhadap kapal wisata (yacht) yang akan berkompetisi di perairan Lagoi, Bintan. Vessel declaration merupakan pemberitahuan pabean yang digunakan saat impor sementara dan sekaligus digunakan saat ekspor kembali atas kapal wisata asing dan/ atau suku cadang (spare parts).

"Kami memastikan seluruh barang yang masuk ke Indonesia melalui kapal wisata asing sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tercatat sepuluh kapal dengan kru berasal dari berbagai negara mulai dari Indonesia, Singapura, Filipina, Prancis, Jerman, Selandia Baru, Australia, Cina, Polandia, hingga Amerika Serikat ikut memperebutkan tiga podium teratas pada tiga kategori (Keelboat IRC, Keelboat PY, dan Multihull) dalam ajang ini," rincinya.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Selain Bintan Regatta 2024, Faisal mengatakan di Pulau Bintan juga terlaksana Festival Bintan Jong Race yang menargetkan para wisatawan mancanegara untuk datang dan berkunjung. Tercatat, lebih dari 2.500 wisatawan asing tiba di Lagoi, Bintan di akhir bulan Maret 2024 lalu.

"Rangkaian acara tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak event internasional yang diadakan di Bintan yang bertujuan bukan hanya untuk sekadar berkompetisi tetapi juga sebagai panggung untuk mempromosikan keindahan pariwisata Indonesia, khususnya Bintan, Kepulauan Riau di mata dunia. Untuk mendukung hal tersebut, Bea Cukai akan terus berupaya mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai," tutup Faisal.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024