Banyaknya Perusahaan yang Menggelar Mudik Bersama, Wamenaker: Mampu Tingkatkan Produktivitas Pekerja

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong partisipasi dunia usaha untuk memfasilitasi mudik lebaran gratis atau mudik bersama bagi pekerja/buruh menjelang perayaan lebaran. Pasalnya penyelenggaraan mudik bersama pekerja merupakan wujud hubungan industrial Pancasila telah berjalan dengan baik di perusahaan.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor, menyatakan bahwa pelaksanaan mudik bersama bagi pekerja/buruh dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka. Hal ini disampaikannya saat melepas Mudik Bahagia Bersama Scania di PT United Tractors, Tbk., Cakung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

Pj Gubernur Aceh Terbitkan Qanun Guna Pastikan Pekerja Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

"Dengan perhatian perusahaan kepada bapak dan ibu semua tentunya semangat bekerja, kinerja bapak dan ibu semua semakin ditingkatkan," katanya.

Afriansyah pun menyampaikan apresiasi kepada PT United Tractors dan perusahaan-perusahaan lainnya yang menggelar mudik bersama bagi pekerja/buruhnya. Selain sebagai bentuk hubungan industrial harmonis, mudik bersama juga akan meningkatkan keceriaan para pekerja/buruh untuk bertemu dengan keluarganya.

Didominasi Produk Fashion, Lion Parcel Catat Lonjakan Pengiriman 40 Persen saat Ramadan 2024

Menurut Afriansyah, hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi semua pihak, di mana pekerja/buruh merasa terbantu untuk pulang ke kampung halamannya, dan perusahaan akan mendapatkan benefit berupa peningkatan produktivitas dari para pekerja/buruh sekembalinya dari kampung halaman.

"Gunakan kesempatan libur ini untuk bersilaturahmi. Jaga kesehatan, jaga keselamatan, dan tiba waktunya nanti insyaallah kembali ke Jakarta dan mudah-mudahan bapak ibu semua sehat wal afiat," pesannya kepada para pemudik.

Mudik Bersama yang dilangsungkan di PT United Tractors Cakung terdiri dari 17 bus dengan tujuan akhir 4 provinsi yakni Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Selain di kantor pusat, PT United Tractors juga melakukan pemberangkatan mudik bersama di 3 titik lainnya. Mudik bersama ini diikuti total 1.709 pekerja/buruh PT United Tractors dan keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya