Pj Gubernur Akmal Sambangi Bandara SAMS Tinjau Arus Mudik Lebaran

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan peninjauan lapangan terkait puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) di Balikpapan, Ahad (7/4/2024).

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"Hari ini kita bersama jajaran Forkopimda, DPRD, Otorita Bandara Angkasa Pura, OPD, TNI, Polri, lengkap semua tadi, kita meninjau dan semua yang mendukung terkait kelancaran pelaksanaan arus mudik," ungkapnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Akmal menerangkan melihat posko yang menjadi tempat pusat komando semua yang tergabung dalam layanan arus mudik.

Akmal juga melihat posko kesehatan dan pelayanan berjalan dengan baik dilengkapi fasilitas sangat baik dan memadai.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Bahkan diakuinya, Bandara saat ini sudah membuat banyak inovasi, seperti membuat mini theater bagi mereka yang menunggu pesawat bisa sambil nonton.

"Selain itu, fasilitas musolanya juga sudah bagus dan sangat representatif. Mudah-mudahan fasilitas yang diberikan oleh Angkasa Pura bisa memanjakan pemudik-pemudik kita," harapnya.

Akmal berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan dan mengutakan keselamatan.

Menurut dia, bagaimanapun Pemerintan menyiapkan infrastruktur, tapi masyarakat tidak patuh dan taat bisa membahayakan.

"Contohnya membawa barang-barang yang berbahaya," ujarnya.

Akmal juga mengingatkan pemudik yang membawa anak yang kondisinya sedang sakit agar bisa diperiksakan di fasilitas kesehatan di bandara ini.

Untuk pergerakan pemudik, menurut info otoritas Angkasa Pura rata-rata terdapat 159 penerbangan, termasuk private, carteran dan cargo.

"Untuk sekarang ada 175 penerbangan. Jadi naik antara 17 sampai 20 persen," sebutnya.

Tapi kenaikan ini diakuinya, masih sangat memungkinkan dengan fasilitas yang sangat bagus, karena bandara disiapkan untuk menjadi pintu gerbangnya atau HUB nya Kalimantan.

"Sehingga secara infrastruktur kita sangat disiapkan dengan baik," ungkapnya.

Jumlah pemudik untuk Kaltim, tambahnya diperkirakan mencapai total yang berangkat perharinya 14 ribu orang.

"Peak session pernah 21 ribu. Itu yang berangkat saja, yang datangnya kurang. Mungkin selesai lebaran biasanya akan naik lagi," terangnya.

Bagi pemudik jalur darat, Akmal juga berpesan agar berhati-hati di jalan dan selalu menjaga kesehatan.

Sebab tujuan mudik ungkap Akmal sejatinya adalah membangun kebahagiaan bertemu dengan keluarga di kampung masing-masing.

"Karenanya jaga keselamatan dan kesehatan pemudik, agar bahagianya bisa sampai ke kampung dan berkumpul bersama keluarga," bebernya.

Kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mudik, Akmal meminta agar tidak menggunakan fasilitas negara.

"Ada edarannya juga diminta ASN tidak menggunakan fasilitas negara. Jika mudik memakai kendaraan pribadi, karena kalau menggunakan fasilitas negara seperti mobil atau motor dinas itu bisa menimbulkan sensitifitas bagi masyarakat, untuk itu disarankan tidak menggunakan kendaraan dinas," pesannya.

Kepada masyarakat pemudik, Akmal mengucapkan selamat mudik dan jaga ketertiban.

"Kami doakan semua pemudik sehat selalu dan perjalanannya berjalan lancar, hingga berkumpul keluarga di hari bahagia" pungkasnya.

Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ujang Rachmad, Kepala Pelaksana BPBD Agus Tiannur, Kepala Dinas Perhubungan Yudha Pranoto, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo serta jajaran Forkopimda, Otoritas Bandara AP, TNI dan Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya