1.000 Produk UMKM Jabar Dapat Sertifikat Halal Kementerian KUKM

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin
Sumber :
  • Pemprov Jabar

VIVA – Sebanyak 1.000 produk UMKM Jabar mendapatkan sertifikat halal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) RI.

Bubuk Minuman Jadi Solusi Tepat untuk Bisnis Cafe Modern yang Praktis dan Menguntungkan

Sertifikat halal ini berangkat dari self declare (klaim sendiri) UMKM lalu kemudian didampingi Kementerian KUKM untuk didaftarkan mendapatkan sertifikat halal. Proses pendampingan dimulai sejak April 2024.

Produk UMKM yang dapat sertifikat halal self declare itu berasal dari Bandung Raya yakni Kota/Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

UMKM Terbukti Tahan Hadapi Krisis, HIPPI Ungkap Tantangan Pengembanganya

Keterangan Foto: Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri acara Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 bersama Deputi Bidang Usaha Mikro yang dihadiri 1.000 pelaku UMKM di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (16/05/2024).

16 Tahun Berdiri, Jaringan SRC Sudah Bina 250.000 Toko Kelontong

Pemberian sertifikat halal diberikan Kementerian KUKM saat acara Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 yang juga diprakarsai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (16/5/2024).

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin menyambut baik pemberian sertifikat halal bagi 1.000 produk UMKM Jabar tersebut. Hanya saja, Bey mengingatkan sertifikat tersebut betul - betul mencerminkan kehalalan produknya, mengingat ini adalah self declare.

"Kami mendukung pemberian sertifikat halal, tapi itu tadi harus ada kejelasan aturan," ujar Bey Machmudin.

"Jadi kami dari sisi pemerintah baik Pusat Kementerian, dan Pemda Provinsi Jabar, mendorong setransparan mungkin," tambahnya.

Menurut Bey, Jabar adalah provinsi dengan populasi muslim terbesar di Indonesia. Produk halal termasuk dari UMKM menjadi tuntutan.

Data menunjukkan, hingga akhir 2023 Jabar menjadi provinsi dengan jumlah produk bersertifikat halal terbanyak di Indonesia, sebanyak 694.684 produk.

"Saya sampaikan selamat kepada (UMKM) yang sudah menerima sertifikat, semoga usahanya makin lancar dan makin laku," harap Bey.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius mengatakan, sertifikat halal penting karena memberi rasa tenang kepada konsumen untuk membeli suatu produk.

"Ini roadshow ketujuh, dan akan ada 15 roadshow pada tahun ini, dan tahun depan kita akan roadshow lagi," ucap Yulius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya