Saat Ibu Negara Beli Batik dan Gelang di UMKM Mitra Binaan Pertamina

Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Dekranas Expo 2024
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – Dukungan Ibu Iriana Joko Widodo terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditunjukkan saat menghadiri Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo Tahun 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, 16 Mei 2024. Ibu Iriana Jokowi bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin bahkan singgah ke stand UMKM mitra binaan Pertamina dan membeli batik dan gelang.

Pertamina Hulu Rokan Akan Jadi Tuan Rumah Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

“Ibu Iriana tadi membeli gelang di stand mitra binaan Pertamina dari toko UMKM Joglo Ayu dan membeli beberapa batik dari UMKM Griya Kain Solo,” ucap Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

UMKM Terbukti Tahan Hadapi Krisis, HIPPI Ungkap Tantangan Pengembanganya

Fadjar menambahkan, Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta Ibu Liza Erick Thohir juga sempat mencicipi kopi dari Canaya Geothermal Coffee, UMKM binaan Pertamina Geothermal Energy.

“Kopinya berasal dari Kamojang, Jawa Barat, yang proses produksi dan pengeringannya menggunakan panas bumi atau geothermal, ini baru pertama di dunia,” terang Fadjar.

Pertamina Geothermal Energy Tebar Dividen Rp 2,08 T, Jajaran Komisaris dan Direksi Dirombak

Esti, pemilik Griya Kain Solo, UMKM binaan Pertamina asal Solo yang memproduksi batik tulis mengaku senang bisa diajak Pertamina mengikuti pameran.

“Senang banget ya waktu diinfo ada pameran, karena pasti bisa meningkatkan omset, terus menambah pelanggan dan produk kita bisa dipromosikan,” kata Esti.

Pertamina senantiasa berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM supaya naik kelas. Pertamina memiliki beragam program untuk UMKM binaannya, khususnya UMKM kerajinan, yakni program pembinaan yang meliputi pelatihan, pelibatan dalam pameran baik di dalam maupun luar negeri, pemberian akses pada sertifikasi, pemberian hibah alat teknologi tepat guna, publikasi dan promosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya