Logo ABC

Kanker Mulut Kurang Perhatian di Indonesia, Tertinggi di Papua Barat

Kanker mulut yang terjadi di Papua dan Papua Barat terutama disebabkan oleh kebiasaan menyirih, yang sudah menjadi budaya.
Kanker mulut yang terjadi di Papua dan Papua Barat terutama disebabkan oleh kebiasaan menyirih, yang sudah menjadi budaya.
Sumber :
  • abc

Indonesia masih kurang waspada soal kanker mulut karena tidak tersedianya data dan belum adanya survei nasional. Padahal kebanyakan warga hampir terpapar penyebabnya setiap hari.

Kanker mulut di Indonesia banyak ditemukan di provinsi Papua Barat dengan melihat tingginya angka pra-kanker dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016.

Kanker Mulut di Papua:

  • Disebabkan oleh kebiasaan menyirih yang menggunakan bahan-bahan mengandung karsinogen
  • Data soal kanker mulut tidak tersedia, sehingga tidak adanya kewaspadaan soal kanker mulut
  • Menjadi salah satu bukti masih adanya kesenjangan dan pelayanan umum di Papua

Drg Elizabeth Fitriani Sari, kandidat PhD dari Melbourne Dental School di University of Melbourne, Australia, melakukan riset dan membandingkan kasus pra-kanker di Banda Aceh, Bandung, Kalimantan Barat, Jakarta, serta provinsi Papua Barat.

"Pra-kanker ini dapat berpotensi menjadi kanker mulut, jika faktor penyebab yang dicurigai tidak dihilangkan dan lesi pra-kanker tidak diobati sejak dini," ujarnya kepada ABC Indonesia.

Oral Submucous Fibrosis.png Ini adalah salah satu contoh yang merupakan Pra-kanker akibat menyirih.