Logo timesindonesia

Ditangan Wanita Lamongan ini, Kulit Pisang Bisa Jadi Keripik

Proses pengemasan keripik kulit pisang di rumah Mararus Sholikah. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)"
Proses pengemasan keripik kulit pisang di rumah Mararus Sholikah. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)"
Sumber :
  • timesindonesia

Setelah makan pisang, jangan buru-buru membuang kulitnya, karena ternyata kulit pisang bisa diolah menjadi makanan yang kaya manfaat. Seperti yang dilakukan seorang wanita di Lamongan, Jawa Timur yang mengolahnya menjadi keripik kulit pisang.

Wanita yang mampu mengolah kulit pisang menjadi camilan tersebut bernama Mar'atus Sholikah, warga Desa Tlogorejo, Kecamatan Sukodadi.

"Awalnya saya lihat banyak pisang di desa saya tapi kulitnya tidak pernah termanfaatkan," kata Mar'atus Sholikah, Sabtu (11/1/2020).

Melihat kulit pisang yang terbuang begitu saja dan hanya menjadi sampah organik, Mar'atus kemudian memiliki ide untuk menaikkan derajat kulit pisang, dengan mengolahnya menjadi makanan. 

Mar'atus menjelaskan, pembuatan keripik kulit pisang dimulai dengan memotong kulit pisang dengan irisan memanjang, kemudian dicuci sampai bersih dan ditiriskan.

"Sembari menunggu, kita bisa menyiapkan bumbu untuk dibuat keripik, seperti bawang putih, kemiri cabai serta penyedap rasa. Semua bumbu ini dihaluskan dan diaduk menjadi satu dengan adonan tepung," tuturnya.

Setelah adonan siap, selanjutnya irisan kulit pisang yang telah dicuci dimasukkan ke dalam adonan dan diaduk hingga merata.