Logo DW

"Baby Shower" dan Penentuan Jenis Kelamin Bayi

picture-alliance/dpa/P. Pleul
picture-alliance/dpa/P. Pleul
Sumber :
  • dw

Ditemani semangkuk mie ayam dan segelas anggur, Ira dan Riki melakukan tebak-tebakan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung oleh Fabi. Malam itu di rumah saya, perjamuan makan dan temu kangen kami menjadi malam baby shower dadakan untuk menebak jenis kelamin si calon jabang bayi.

Apa yang kami lakukan adalah bagaimana masyarakat melakukan penghakiman dan kontrol terhadap nasib manusia yang bahkan belum sampai ke dunia melalui penentuan jenis kelaminnya.

Tebak-tebakan jenis kelamin pada ibu hamil adalah hal yang populer khususnya setelah teknologi Ultrasonography atau USG ditemukan dan dipopulerkan di Indonesia pada tahun 1980-an.

Sejatinya, teknologi USG pada bidang ginekologi dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik bayi, tidak sekadar mengetahui jenis kelamin. USG dilakukan kepada bayi dalam perut ibu untuk mengetahui pertumbuhan bayi apakah tulang-tulangnya terbentuk sempurna, bentuk kepala dan perkembangan wajah, pertumbuhan jemari dan organ tubuh lainnya. Dan hal yang krusial, melihat posisi bayi dan potensi jalan kelahiran.

Tradisi baby shower harusnya merayakan keberhasilan tumbuh-kembang fisik bayi dalam kandungan sekaligus memberikan dukungan finansial (hadiah) dan mental bagi ibu yang akan melahirkan, bukan untuk memberikan beban harapan peran gender pada manusia yang bahkan belum dilahirkan.

Perayaan baby shower yang menjadi sekadar ajang penentuan jenis kelamin adalah petaka bagi si calon jabang bayi. Bayangkan, sebelum dia dilahirkan semua orang di sekelilingnya telah memberikan beban harapan mulai dari bagaimana ibunya harus bersikap selama mengandung, warna pakaian merah muda atau biru, hingga tetek-bengek seperti mainan, selimut dan perlengkapan bayi lainnya.

Dalam perspektif ilmu gender dan seksualitas, identitas gender dan ekspresi gender tidak lagi ditentukan dari jenis kelamin. Dan jenis kelamin tidak lagi terbatas dari penampakan genital saja seperti yang tertera di foto USG.