Logo DW

Kisah Penghuni Perumahan Iduna: Terinfeksi Corona dan Dicurigai

DW/O. Pieper
DW/O. Pieper
Sumber :
  • dw

Kompleks perumahan Iduna terdiri dari beberapa blok rumah susun di pusat kota Göttingen, negara bagian Niedersachsen, Jerman. Pada awal Juni, media melaporkan bahwa tempat ini menjadi klaster baru penyebaran virus corona, yang diberitakan berasal dari sebuah bar hookah, yang seharusnya tidak buka.

Banyak dari yang terinfeksi memang penghuni kompleks Iduna. Untuk meredam penyebarannya, otoritas kesehatan kemudian membuka fasilitas pemeriksaan dan tes Covid-19 di area parkir bawah tanah gedung perumahan itu. Para dokter dan tenaga kesehatan dikerahkan untuk melakukan tes massal, dengan kecepatan pemeriksaan satu pasien setiap tiga menit.

"Saya menghabiskan banyak malam tanpa tidur. Tantangannya sangat besar," kata Petra Broistedt, anggota dewan kota Göttingen yang mengepalai komite manajemen krisis virus corona.

Banyak penduduk Göttingen yang menyerukan agar seluruh kompleks itu diisolasi. Tapi Petra Broisredt bersikereas menolak itu. "Kita tidak bisa memasang pagar kawat berduri. Ini bukan penjara," katanya.

Penghuni Iduna merasa dilupakan

Kompleks Iduna, mengambil nama sebuah perusahaan asuransi besar, dibangun pada awal 1970-an dan saat itu dipandang sebagai proyek bergengsi. Göttingen adalah kota universitas, dan banyak dosen yang kemudian pindah ke kompleks ini, yang dilengkapi berbagai fasilitas kelas tinggi, antara lain kolam renang dan pusat perbelanjaan di lantai bawah. Bangunan gedung perumahan itu dulu bahkan muncul di kartu pos.

Tapi itu masa lalu, sekarang situasinya lain. Kebanyakan penghuni 400 apartemen di perumahan Iduna sekarang berasal dari kelas bawah. Dua jembatan yang beberapa dekade lalu menghubungkan kompleks perumahan dengan pusat kota sudah tidak ada lagi. sekarang, perumahan Iduna dianggap sebagai kawasan bermasalah.