Logo DW

Jerman Beli Saham CureVac Perusahaan Pengembang Vaksin Corona

picture-alliance/dpa/S. Gollnow
picture-alliance/dpa/S. Gollnow
Sumber :
  • dw

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier mengonfirmasi pada Senin (15/06), bahwa pemerintah Jerman berinvestasi di CureVac, perusahaan biotek yang sedang mengerjakan vaksin COVID-19.

Langkah ini dilakukan, menyusul upaya Amerika Serikat (AS) pada bulan Maret lalu, untuk mengakuisisi saham di perusahaan tersebut. Jerman akan membayar € 300 juta atau Rp 4 triliun untuk mendapatkan 23% saham di CureVac.

"Pemerintah Jerman telah memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan yang menjanjikan ini dengan harapan akan mempercepat program pengembangan dan menyediakan sarana bagi CureVac untuk memanfaatkan potensi penuh teknologinya," kata Altmaier pada konferensi pers Senin (15/06).

Dia menambahkan bahwa Jerman ingin memperkuat sektor-sektornya dalam bidang sains dan biotek. Namun, pemerintah tidak akan memiliki wewenang atas strategi bisnis CureVac.

Untuk melindungi kepemilikan Jerman terhadap dua pengembang vaksin virus corona asal Jerman - CureVac dan BioNTech - pemerintah federal membuat kebijakan baru pada bulan Mei lalu, untuk menolak tawaran pengambilalihan asing terhadap perusahaan kesehatan negara itu.

"Kami mengirimkan sinyal yang jelas untuk CureVac bahwa di sini, di Jerman, adalah tempat untuk melakukan bisnis," kata Altmaier kepada wartawan di Berlin.

Pesan 300 juta dosis vaksin potensial