Logo DW

Jumlah Penduduk di Jerman Capai 83,2 Juta Orang

picture-alliance/dpa/W. Grubitzsch
picture-alliance/dpa/W. Grubitzsch
Sumber :
  • dw

Sampai akhir 2019, total populasi Jerman mencapai 83,2 juta orang, bertambah sekitar 147 ribu orang dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian data terbaru Biro Statistik Federal, Statistisches Bundesamt, yang dirilis Jumat (19/6) di Wiesbaden. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah penduduk itu meningkat 0,2 persen.

Sejak 2011, jumlah penduduk di Jerman terus bertambah. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya terjadi juga penyusutan.

Peningkatan jumlah penduduk pada 2019 terutama berasal dari orang yang bermigrasi ke Jerman. Neraca migrasi menunjukkan angka plus sekitar 300 ribu, artinya jumlah orang yang datang dan menetap di Jerman 300 ribu lebih banyak daripada yang meninggalkan Jerman.

Tanpa migrasi populasi menyusut

Pada saat yang sama, terjadi sekitar 161 ribu defisit kelahiran di Jerman. Artinya jumlah orang yang meninggal melebihi jumlah kelahiran sebanyak sekitar 161 ribu orang.

"Populasi menyusut, jika tidak ada migrasi", kata Nikola Sander dari Pusat Penelitian Populasi, BIB.

Data Biro Statistik Federal juga menunjukkan, jumlah warga asing di Jerman meningkat menjadi 10,4 juta orang, yang merupakan kenaikan 3,1 persen atau sekitar 309 ribu orang dibanding 2018. Proporsi warga asing di Jerman dibandingkan dengan total populasi adalah 12,5 persen. Usia rata-rata penduduk di Jerman menurut statistik adalah 44,5 tahun.