Logo WARTAEKONOMI

Investasi dari Perusahaan Orang Terkaya Dunia Harus Buat UMKM Indonesia Naik Kelas dan Go Digital

Investasi dari Perusahaan Orang Terkaya Dunia Harus Buat UMKM Indonesia Naik Kelas dan Go Digital. (FOTO: Pascal Rossignol)
Investasi dari Perusahaan Orang Terkaya Dunia Harus Buat UMKM Indonesia Naik Kelas dan Go Digital. (FOTO: Pascal Rossignol)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pandemi covid-19 membuat berbagai sektor usaha terdampak akibat berkurangnya permintaan. Salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi sektor terdampak akibat virus corona. Terlebih kalau tidak melek teknologi.

Di tengah dampak yang bikin terpuruk, e-commerce Amazon milik orang terkaya di bumi, Jeff Bezos menaruh investasi untuk Indonesia. Amazon tak tanggung-tanggung dalam menaruh investasi, sebesar USD2,5 miliar (Rp35 triliun) ditorehkan untuk Indonesia.

Bertahan Hidup, UMKM Butuh Kehadiran Pemerintah

Investasi tersebut digunakan oleh perusahaan asal AS ini untuk membangun tiga pangkalan data di Indonesia. Oleh sebab itu, hal ini menjadi peluang bagi UMKM untuk go digital.

Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira mengatakan dengan adanya pemain digital besar di Indonesia, para pelaku UMKM diharapkan bisa naik kelas.

Selain itu, para pelaku UMKM juga harus bisa mengubah mindset mereka tentang bisnis menggunakan digital. Pasalnya, selama ini imej bisnis digital harus mengeluarkan modal yang besar sehingga menghambat para pelaku UMKM untuk menjual produk melalui online.

Padahl, go digital bagi para UMKM dianggap menguntungkan. Terlebih Indonesia merupakan penduduk terbesar di dunia yang juga terdiri dari gugusan pulau, sehingga apabila memasarkan produk secara digital bisa mencakup pasar yang luas dari seluruh penjuru Indonesia.