Logo DW

Amarah Kaum Muda di Balik Kerusuhan yang Guncang Kota Stuttgart

DW/R. Staudenmaier
DW/R. Staudenmaier
Sumber :
  • dw

"Kami mendengarkan musik, beberapa tengah menari dan hanya bersenang-senang, dan kemudian semuanya terjadi," jelas Julia P. seakan tak percaya.

Seperti kebanyakan orang, remaja berusia 17 tahun itu bertemu dengan teman-temannya pada Sabtu (20/06) malam di sebuah taman di pusat kota Stuttgart. Julia pulang lebih awal, tetapi dengan cepat melihat video tentang insiden yang terjadi melalui SnapChat.

Melihat keadaan yang kacau di distrik perbelanjaan Königstrasse di Stuttgart, dikelilingi pecahan kaca yang berserakan, serta toko-toko yang ditutup, sulit dipercaya bahwa pesta Sabtu malam yang ceria telah berubah menjadi salah satu kerusuhan terburuk yang terjadi di Stuttgart, dalam beberapa waktu belakangan.

Anwar S., seorang remaja berusia 18 tahun yang juga menyaksikan kerusuhan berlangsung, mengatakan meskipun ada ketegangan antara massa dan polisi, ia tidak dapat memahami mengapa beberapa perusuh mulai merusak toko.

"Mereka mengira mereka ada di film Amerika – ketika semuanya terjadi."

Bentrok antara para remaja dan polisi

Kerusuhan pecah pada Sabtu (20/06) malam dan Minggu (21/06) dini hari setelah pihak kepolisian Kota Stuttgart mulai melakukan pemeriksaan narkoba di alun-alun utama kota, Schlossplatz.