Logo DW

Kasus Covid-19 di Pabrik Daging Jerman Melonjak, Lockdown Bisa Diberlakukan Lagi

picture-alliance/dpa/D. Inderlied
picture-alliance/dpa/D. Inderlied
Sumber :
  • dw

Sejak akhir minggu, infeksi Covid-19 yang terjadi di pabrik pengolahan daging di distrik Gütersloh, negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW) terus meluas. Sampai minggu sore (21/6), otoritas kesehatan mengatakan hampir semua 7000 pekerja sudah melakukan tes, dan 1331 pekerja dikonfirmasi positif. Masih ada ratusan hasil tes yang ditunggu.

Gerak cepat aparat kesehatan selama akhir minggu hingga kini berhasil membatasi infeksi hanya terbatas di kalangan pekerja pabrik. Sejak hari Jumat (19/6), pabrik yang berada di distrik Gütersloh itu sudah dilarang beroperasi dan karantina ketat diberlakukan kepada sekitar 7000 pekerja.

Untuk melakukan penelusuran ketat dan mengawasi penerapan karantina, otoritas setempat meminta bantuan militer Jerman, Bundeswehr. Polisi dan militer menutup beberapa kompleks perumahan dengan menggelar pagar kawat berduri.

Ada 32 satuan tugas yang dibentuk untuk melakukan tes dan penelusuran kontak secara proaktif dengan mendatangi para pekerja di tempat mereka tinggal. Tim itu terdiri dari anggota kantor pemerintahan distrik, anggota dinas kesehatan, Palang Merah Jerman, anggota Bundeswehr dan tim penerjemah.

"Lockdown bisa diberlakukan lagi"

Tenaga-tenaga spesialis didatangkan dari luar NRW untuk diperbantukan. Minggu ini, tes akan diperluas kepada seluruh warga secara sukarela. Empat rumah sakit disiapkan untuk merawat pasien dengan kasus parah. Hingga saat ini, ada 21 orang yang mendapat perawatan di rumah sakit dan 6 orang dengan kasus parah yang harus mendapat perawatan intensif.

Perdana Menteri NRW Armin Laschet memperingatkan warga bahwa lockdown bisa kembali diberlakukan, jika kasus infeksi makin parah dan meluas keluar dari komunitas pekerja pabrik.