Logo DW

Korea Utara Akan Kirim ’12 Juta’ Pamflet Propaganda ke Korea Selatan

picture-alliance /abaca/M. Han
picture-alliance /abaca/M. Han
Sumber :
  • dw

Berdasarkan informasi dari media pemerintah setempat (22/06), Pyongyang bersiap untuk mengirimkan sekitar 12 juta pamflet propaganda ke Korea Selatan dengan menggunakan 3.000 balon.

Ketegangan di Semenanjung Korea telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Krisis ini memuncak setelah Korea Utara meledakkan Kantor Penghubung Utara-Selatan di kawasan perbatasan Kaesong pada pekan lalu dan pasca aktivis Korea Selatan mengirimkan lebih dari 500.000 pamflet berisi kritikan kepada Kim Jong Un pada akhir Mei.

Sebagai tindakan balasan, Pyongyang kemudian memutus semua jalur komunikasi lintas batas dan mengancam akan mengambil langkah-langkah untuk membatalkan kesepakatan 2018 guna mengurangi ketegangan di perbatasan melalui pamflet propaganda.

"Rencana kami mendistribusikan pamflet kepada musuh merupakan tindakan atas amarah seluruh masyarakat," kata kantor berita Korea Utara, Central News Agency. "Waktu pembalasan sudah dekat."

Menurut pernyataan itu, Pyongyang telah menyiapkan berbagai metode, termasuk menggunakan balon udara untuk mengirimkan pamflet hingga daerah terdalam Korea Selatan.

Seoul mendesak agar tenang

Korea Selatan meminta saingannya tersebut untuk menunda rencana mengirimkan pamflet propaganda yang akan melintasi perbatasan.