Logo DW

Uni Eropa Peringatkan Konsekuensi Negatif Bagi Cina Atas UU Keamanan Hong Kong

picture-alliance/AP Photo/Y. Herman
picture-alliance/AP Photo/Y. Herman
Sumber :
  • dw

Uni Eropa memperingatkan Cina akan menghadapi "konsekuensi yang sangat negatif" jika terus mendesak maju dengan Undang-undang Keamanan Nasional baru untuk Hong Kong. Uni Eropa meningkatkan tekanan pada Cina atas undang-undang kontroversial itu.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa-Cina (KTT UE-Cina), pada Senin (23/06), Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan ketua Dewan Eropa Charles Michel mengungkapkan keprihatinan tinggi mereka atas UU Keamanan baru tersebut kepada para pemimpin utama Cina. UU ini menurut para kritikus akan mengekang otonomi dan kebebasan Hong Kong.

Dalam konferensi video bersama dengan Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang, Uni Eropa menyampaikan pesan tegas tentang keprihatinan internasional atas Hong Kong. Meskipun nampaknya Cina tidak menunjukkan tanda-tanda untuk mencabut UU tersebut. Cina menyebut UU tersebut diperlukan dalam pemerintahan.

"Kami menyatakan keprihatinan yang besar tentang usulan Undang-undang keamanan nasional untuk Hong Kong," kata Michel kepada wartawan setelah pertemuan tersebut.

"Kami meminta Cina untuk mengikuti janji-janji yang dibuat kepada warga Hong Kong dan komunitas internasional mengenai otonomi tingkat tinggi Hong Kong dan menjamin kebebasan."

Cina tentang campur tangan pihak asing

Menanggapi komentar Uni Eropa tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina mengatakan pada Selasa (23/06) bahwa masalah yang berkaitan dengan Hong Kong adalah "urusan dalam negeri".