Logo DW

Diguncang Skandal Neo-Nazi di Satuan Elite KSK Akan Direstrukturisasi

picture-alliance/dpa/M. Skolimowska
picture-alliance/dpa/M. Skolimowska
Sumber :
  • dw

Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer berencana merestrukturisasi Komando Pasukan KhususBundeswehr (KSK) di tengah berbagai tuduhan ekstremisme kanan di antara jajarannya, demikian media Jerman melaporkan pada hari Selasa (01/07).

Menurut surat kabar Die Welt, Kramp-Karrenbauer akan mengumumkan reformasi struktural unit KSK, yang mencakup pembubaran salah satu dari empat kesatuan tempurnya.

KSK telah menjadi bagian dari militer Jerman sejak tahun 1996. Kesatuan ini berfokus pada operasi anti-terorisme dan penyelamatan sandera di daerah yang bersengketa. Anggotanya telah bertugas di Afghanistan dan wilayah Balkan, tetapi operasinya dirahasiakan.

KSK telah "menjadi sebagian independen" dari rantai komando dan mengembangkan "budaya kepemimpinan yang beracun," ujar Kramp-Karrenbauer kepada harian Süddeutsche Zeitung.

Dia menambahkan bahwa dengan demikian, satuan militer tersebut "tidak dapat terus eksis dalam bentuk yang sekarang."

Panglima KSK Markus Kreitmayr diperkirakan tidak akan digeser, tetapi kesatuan itu tidak akan berpartisipasi dalam latihan atau misi internasional sampai restrukturisasi selesai.

Berbagai skandal