Logo DW

Finlandia Diam-diam Ganti Simbol Swastika yang Digunakan Angkatan Udaranya

picture-alliance/dpa/ LEHTIKUVA/V.Moilanen
picture-alliance/dpa/ LEHTIKUVA/V.Moilanen
Sumber :
  • dw

Finlandia telah mengubah logo Staf Komando Angkatan Udaranya tanpa membuat pengumuman resmi. Logo yang baru adalah elang emas dan lingkaran sayap. Sebelumnya logo yang dipakai adalah lambang swastika, yang terutama di Eropa diasosiasikan dengan simbol partai Nazi dan kekuasaan Hitler di Jerman.

Ilmuwan Finlandia Profesor Teivo Teivainen dari Universitas Helsinki yang pertama kali mengamati dan menyebarkan soal perubahan logo itu lewat akun Twitter-nya. Angkatan udara Finlandia telah menggunakan simbol swastika sejak didirikan tahun 1918.

Simbol swastika sekarang telah dihilangkan di pesawat-pesawat Angkatan Udara setelah Perang Dunia II. Tetapi simbol itu masih ditampilkan pada emblem beberapa unitnya, termasuk pada bendera dan seragam.

"Ini sesuatu yang harus kami terangkan kepada warga asing, yang menghubungkan simbol ini dengan Nazi di Jerman, walaupun di sini (Finlandia) latar belakangnya sangat lain", kata juru bicara militer Finlandia Henrik Gahmberg kepada kantor berita AFP.

Dia mengatakan, logo resmi Angkatan Udara dan layanan Angkatan Udara sudah diganti pada 2017 dengan menghilangkan swastika dan menggantinya dengan elang emas dan lingkaran sayap.

Bagaimana simbol Swastika bisa dipakai Angkatan Udara Finlandia?

Lambang swastika dibawa ke Finlandia oleh seorang bangsawan Swedia, Pangeran Eric von Rosen. Dia menghadiahkan sebuah pesawat kepada Angkatan Udara Finlandia ketika dibentuk tahun 1918, dengan logo swastika berwarna biru. Eric von Rosen memang menjadikan swastika sebagai simbol keberuntungan, dan tidak ada hubungannya dengan Nazi Hitler.