Logo DW

Aktivis Hong Kong Joshua Wong Minta Jerman Dukung Gerakan Pro-Demokrasi

picture-alliance/dpa/W. Kumm
picture-alliance/dpa/W. Kumm
Sumber :
  • dw

"Permintaan saya kepada pemerintah Jerman: Lihatlah apa yang terjadi di Hong Kong dan suarakan dengan tegas apa yang sedang terjadi," kata aktivis pro demokrasi itu kepada media Jerman hari Jumat (3/7). Dalam sebuah wawancara dengan harian Bild, Joshua Wong mengatakan gerakan pro-demokrasi di Hong Kong "membutuhkan dukungan Eropa saat ini."

Aktivis pro-demokrasi berusia 23 tahun itu sebelumnya mengatakan, ia mundur sebagai salah satu pemimpin kelompok pro-demokrasi Demosisto, karena khawatir organisasi itu akan menjadi target aparat setelah pemerintah di Beijing memberlakukan undang-undang keamanan yang baru untuk wilayah khusus Hong Kong. Demosisto kemudian menyatakan sudah ā€¯membubarkan diri".

Kepada harian Jerman, Bild Joshua Wong mengatakan dia tetap berada di garis depan gerakan protes dan akan tetap berada di Hong Kong.

Aktivis tinggalkan Hong Kong

Nathan Law, seorang aktivis pro-demokrasi lain, hari Kamis (2/7) mengumumkan dia sudah meninggalkan Hong Kong untuk menghindari penangkapan.

"Saya sudah meninggalkan Hong Kong dan melanjutkan kerja advokasi di tingkat internasional," kata Nathan Law di akun Facebook. "Berdasarkan penilaian risiko, saya tidak akan mengungkapkan terlalu banyak tentang keberadaan dan situasi pribadi saya sekarang."

"Ketika saya melihat ke bawah pada keindahan Hong Kong dari pesawat terbang, gambaran ini menjadi salah satu pemandangan yang tak terlupakan dalam pikiran saya," tulis Nathan Law. "Saya berharap yang terbaik untuk Hong Kong."