Logo DW

Penumpang Bandel Tidak Pakai Masker? Perusahaan Transportasi Berlin Punya Solusi Jitu!

picture-alliance/dpa/Z. Scheurer
picture-alliance/dpa/Z. Scheurer
Sumber :
  • dw

Masker kini jadi barang yang wajib dipakai di angkutan umum di Jerman, tetapi tampaknya tidak semua orang mau pakai masker dengan benar. Kebanyakan orang hanya menutupi mulut dan membiarkan hidung terbuka. Operator transportasi di Berlin, BVG, pun punya cara unik agar orang-orang mau memakai masker dengan benar saat naik transportasi umum.

“Karena banyak orang berpikir bahwa mereka dapat memakai masker tanpa menutupi hidung, kami harus melakukan cara lain,” kata perusahaan itu dalam sebuah iklan berwarna kuning cerah yang diposting di media sosial.

BVG mengimbau para komuter untuk bersama-sama berhenti menggunakan deodoran supaya bau tubuh mereka menguar. Cara ini dianggap akan sangat manjur mengingat kereta bawah tanah dan kendaraan umum akan cenderung penuh sesak selama musim panas. Nah, sengatan bau badan inilah yang diharapkan akan membuat para pengguna angkutan umum menutup hidung dan mulut mereka dengan penuh kesadaran.

Dalam iklan tersebut, BVG menambahkan dengan nada menyentil dan nakal: “Bagaimana, masih berani tidak menutup hidung?”

Masker penutup mulut dan hidung wajib dipakai di transportasi umum dan toko-toko di Jerman guna memerangi penyebaran virus corona. Orang yang melanggar aturan ini diancam dengan denda yang lumayan membuat kantong sakit.

Namun berbeda dengan di Asia, masyarakat Jerman tidak terbiasa memakai masker ke mana-mana. Jadi bukan hal aneh jika ada orang yang hanya separuh hati bermasker dengan menutup mulut tapi membiarkan hidungnya terbuka.

Iklan tersebut sejauh ini telah disukai oleh lebih dari 10.000 pengguna di Twitter dan Facebook. Operator transportasi BVG di Berlin memang terkenal dengan slogan yang nyleneh di iklan-iklannya. Satu iklan berbunyi: “Bahkan Ibumu pun tidak mau menjemputmu pada jam 4:30 pagi.”