Logo DW

50 Persen Penduduk Jerman Khawatirkan Gelombang Kedua Corona

imago images/Arnulf Hettrich
imago images/Arnulf Hettrich
Sumber :
  • dw

Setengah dari populasi Jerman menyatakan takut terjadi gelombang kedua wabah corona, menurut survei terbaru Deutschlandtrend yang dilakukan untuk siaran publik ARD dan dirilis hari Kamis (2/7).

Sekitar 13% mengatakan kekhawatiran mereka sangat besar bahwa angka infeksi Covid-19 akan meningkat secara signifikan dalam beberapa minggu mendatang, sementara 37% mengatakan punya kekhawatiran besar.

Yang lain bersikap lebih santai. 32% mengatakan mereka kurang khawatir tentang gelombang kedua pandemi, dan 17% menyatakan lebih tidak khawatir.

Cuci tangan untuk penyebaran corona

Penduduk di Jerman kelihatan benar-benar mengubah perilaku mereka secara signifikan sebagai respons terhadap virus corona. 89% mengatakan mereka mencuci tangan lebih sering, 88% mengatakan mereka sekarang menjaga jarak yang jelas dengan orang lain. 72% menyatakan mereka hanya bertemu teman dan saudara sampai batas tertentu saja.

Lebih dari setengah penduduk Jerman (57%) mengatakan mereka tidak akan pergi liburan pada musim panas tahun ini, sementara 39% akan melanjutkan rencana liburan meskipun ada pandemi.

Sebagian besar penduduk di Jerman menerangkan mematuhi kewajiban mengenakan masker pelindung di mana hal itu wajib dilakukan, sedangkan 80% mengatakan mereka tidak mengenakan masker, di mana hal itu tidak diharuskan berdasarkan protokol kesehatan.