Logo DW

Joshua Wong Menyangkal "Meminta Jerman" untuk Intervensi Hong Kong

picture-alliance/dpa/W. Kumm
picture-alliance/dpa/W. Kumm
Sumber :
  • dw

Aktivis pro-demokrasi Hong Kong Joshua Wong pada hari Jumat (03/07) membantah telah meminta intervensi Jerman di Hong Kong, sehari setelah surat kabar Jerman Bild menerbitkan sebuah wawancara yang mengutipnya soal hal tersebut.

Berdasarkan ketentuan undang-undang keamanan kontroversial Beijing, yang diberlakukan pada 1 Juli, pernyataan yang diduga dari Wong itu bisa membuatnya ditangkap.

Menurut laporan Bild, Wong mengatakan: "Permintaan saya kepada pemerintah Jerman: Lihatlah apa yang terjadi di Hong Kong dan suarakan dengan tegas apa yang sedang terjadi."

Namun, di Twitter Wong menyangkal telah memberikan wawancara kepada Bild sepekan lalu dan mengatakan ia tidak menggunakan kata ketidakadilan (atau Unrecht dalam bahasa Jerman).

"Saya diberitahu bahwa saya telah memohon kepada pemerintah Jerman dalam sebuah wawancara media," tulis aktivis berusia 23 tahun itu. "Namun isi laporan itu tidak akurat karena saya tidak diwawancarai Bild Zeitung pada pekan lalu."

"Saya menghargai setiap aktivis yang bersedia mengambil risiko atas keselamatan pribadinya saat bersuara untuk HK," tambahnya. "Saya percaya pelaporan yang akurat juga merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan kebebasan di HK."

DW menarik artikel Joshua Wong