Test Event Asian Games 2018

Kalahkan Petinju Thailand, Matius Tembus Semifinal

Matius Mandiangan, petinju Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA – Matius Mandiangan, petinju Indonesia, sukses menembus babak semifinal Test Event Asian Games 2018. Bertanding di Hall C JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin 12 Februari 2018, Matius mampu mengalahkan wakil Thailand, Sakda Ruamtham.

Duel Keras Penuh Darah, Sebastian Fundora Hancurkan Rekor Tak Terkalahkan Tim Tszyu

Dalam pertarungan tiga ronde, petinju asal Nusa Tenggara Timur ini menang mutlak dengan skor akhir 4-1. Dari lima juri yang memberikan penilaian, hanya satu juri yang memberikan keunggulan untuk Ruamtham, 28-29, 30-26, 29-28, 29-29, dan 29-28.

Usai pertarungan, Matius mengatakan jika ia sempat grogi menghadapi ketangguhan Ruantham. Menurut Matius, karakter petinju Thailand adalah petarung yang lengkap.

Resmi Tayang, Series Ellyas Pical Suguhkan Tontonan Inspiratif dan Menghibur

Baik dari segi fisik, teknik, dan mental. Bukan cuma itu, Matius juga mengaku sempat down setelah kekalahan dua rekannya, Valentinua Nahak dan Bria Julio, yang bertarung sebelumnya.

"Pertarungan tadi menurut saya sangat berat. Lawannya kan (petinju) Thailand. Mereka terkenal tangguh, jadi kami harus benar-benar fight. Tadi juga saya sedikit nervous, mungkin ada pengaruh lihat teman-teman saya sebelumnya kalah. Saya juga pernah beberapa kali kalah dari Thailand," kata Matius kepada wartawan.

Kisah Petinju Fiji Nathan Masuk Islam, Begini Awal Mulanya

"Saya sempat berpikir juga bagaimana mengalahkan dia. Tapi saya coba berbuat semaksimal mungkin untuk kebanggaan Indonesia. Saya rasa saya boleh menang hari ini," ujarnya.

Matius jadi satu-satunya petinju Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal, dalam gelaran Test Event Asian Games 2018 cabang olahraga tinju hari kedua.

Nasib tak sama dengan Matius dirasakan oleh petinju Indonesia lainnya, Brama Henda Betaubun. Brama yang turun di kelas menengah 75 kg, takluk dari petinju Cina Taipei, Chia-Wei Kan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya