Asian Games, Atlet eSports RI Wajib Bangun Pagi dan Olah Otot Kecil

Indonesia siap jalani ekshibisi eSports di Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Salah satu Tim Nasional League of Legends (LoL), Rully Sandra Sutanto, yang akan berlaga di ekshibisi Asian Games 2018 mengaku memiliki target untuk turnamen nanti. Kendati sudah berlatih secara rutin, Rully masih harus melakukan latihan fisik untuk mendukung staminanya. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Khusus menghadapi Asian Games 2018, Rully bersama timnya harus menambah jadwal latihan yang lebih ketat. Jika biasanya hanya lima hari dalam sepekan, jadwal latihan ditambah menjadi Senin-Sabtu. Sedangkan pada Minggu, latihan hanya dilakukan setengah hari saja. 

"Kalau Minggu itu hanya setengah hari. Latihannya dari jam 10 pagi sampai 6 sore. Pola latihan tetap sama," ujarnya ditemui VIVA, di High Grounds, Jakarta Utara, Selasa 24 Juli 2018.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Rully yang sudah bergabung dengan Timnas sejak 2015, mengaku optimis untuk mencapai target masuk ke dalam tiga besar. Namun ia bersama timnya tidak menutup peluang untuk meraih posisi atas. Untuk cabang eSports LoL sudah dilakukan penyisihan, yang mana akan ada delapan tim yang berlaga. 

Selain menambah jadwal latihan, Timnas LoL juga mengadakan tanding dengan tim dari luar negeri. Mereka juga pernah berlatih menggunakan server luar. Walaupun nampak optimis, Rully mengatakan Korea Selatan, Vietnam, dan China menjadi saingan terberat mereka. 

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia, Eddy Lim mengatakan, para atlet membutuhkan olahraga otot kecil guna melatih konsentrasi otak mereka. Para atlet diwajibkan bangun pagi dan untuk tidak terjaga sampai larut malam. 

"Kegiatan fisik itu perlu untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Mereka butuh banyak oksigen agar bisa 100 persen konsentrasi saat latihan persiapan menuju turnamen," ujarnya.

Untuk turnamen LoL 2017 yang pernah diadakan Garena, Rully bersama timnya berhasil menyabet juara dengan total hadiah Rp100 juta. Sayangnya untuk kancah luar negeri di Thailand, tim Indonesia hanya bisa mencapai delapan besar. 

Pertandingan persahabatan atau eksibisi eSports Asian Games 2018 akan berlangsung di Britama Stadium, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dari 26 Agustus-1 September 2018. Adapun keenam games tersebut ialah, Arena of Valor (AoV), PES (Pro Evolution Soccer), League of Legends, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya