Logo timesindonesia

Jelang PON di Papua, PUPR RI Bangun Arena Senilai Rp 930 Miliar

Maket Istora Papua Bangkit (Ilustrasi)
Maket Istora Papua Bangkit (Ilustrasi)
Sumber :
  • timesindonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya tengah membangun empat arena Olahraga di Propinsi Papua senilai Rp 930,1 miliar menjelang digelarnya Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2020 (PON XX 2020).

Empat arena olahraga itu berada di Kabupaten Jayapura, yakni arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur serta arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

"Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Untuk pembangunan arena Aquatic telah dimulai sejak Desember 2018 dengan menggunakan anggaran APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 389,63 miliar, oleh penyedia jasa konstruksi PT. Waskita Karya yang ditargetkan rampung pada Juli 2020.

Arena Aquatic ini,  nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas pool system sesuai standar Fédération Internationale de Natation (FINA), induk organisasi internasional olahraga renang.

Selain itu juga akan dilengkapi dengan lighting yang meliputi sports dan area floodlighting dengan standar field of play (FOP), timing system, master clock di lantai 1, lantai 2, dan scoring board.

Bahkan arena ini juga akan dilengkapi fasilitas tata suara dan tata udara, CCTV, serta tribun penonton. Fasilitas lainnya adalah penataan kawasan untuk parkir, lansekap , drainase, dan bangunan penunjang disesuaikan dengan batas kawasan. Saat ini tengah dilakukan pengecoran Bore Pile titik pertama, penyediaan material Bore Pile On Site, kemudian pengecoran Bore Pile dan pembuatan Direksi Keet, serta dilakukan pengecoran jalan akses untuk pekerja.