Logo timesindonesia

Tiga Pelari Asal Kenya Sapu Bersih Mandiri Jogja Marathon 2019

Suasana Tiga Pelari Asal Kenya Sapu Bersih Mandiri Jogja Marathon 2019. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Suasana Tiga Pelari Asal Kenya Sapu Bersih Mandiri Jogja Marathon 2019. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Tiga pelari Kenya sapu bersih lomba Mandiri Jogja Marathon 2019 kategori Marathon 42 Kilometer Open, Minggu (28/4/2019).

Ketiganya adalah Stephen Mungathia Mugambi (24), keluar sebagai juara satu dengan catatan waktu tercepat 2 jam 25,48 menit. Disusul diurutan dua Daniel Gecara dengan catatan waktu tercepat 2 jam 30,12 menit, sementara Muindi Onesmua keluar sebagai juara tiga dengan catatan waktu tercepat 2 jam 31,29 menit. 

Lomba lari yang dilepas Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut berlangsung meriah. Ribuan pelari dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, turut memeriahkan lomba yang dipusatkan di Candi Prambanan. Bahkan Menteri BUMN, Rini Sumarno turut lari walau tidak sampai finish.

Selain itu beberapa stakeholder seperti Bupati Sleman, Sri Purnomo, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi hingga Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri ikut berlari di kategori 5 kilometer. Antusiasme pun terlihat saat para peserta mulai berlari dari kawasan Prambanan hingga menyentuh garis finish.

Sebelum start Menteri BUMN, Rini Soemarmo mengungkap, antusiasme peserta dari tahun lalu terus bertambah. Hal tersebut, menurut dia, sangat positif terlebih peserta berasal dari berbagai kalangan dan kelompok usia. 

''Animonnya luar biasa, semakin tahun semakin antusias pesertanya. Mereka senang berolahraga simple yang bisa dilakukan bersama komunitas dan saya lihat generasi muda juga banyak yang ikut,'' kata Menteri BUMN, Rini Soemarmo usai mengikuti lari.

Banyaknya peserta dari luar daerah, lanjut Rini, juga menambah dampak positif yang dihasilkan lomba marathon ini.