Kontingen Muslim di SEA Games 2019 Disuguhi Daging Babi

Nasi telur dan kikiam
Sumber :
  • Twitter @asmegsleeps

VIVA – Pelaksanaan SEA Games 2019 di Filipina penuh dengan kekacauan. Beberapa kontingen mengeluh soal penjemputan dari bandara dan akomodasi.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Ada beberapa kontingen yang terlambat dijemput, dan dibawa ke hotel yang salah. Akibatnya, jadwal latihan mereka jadi berantakan.

Ruang konferensi pers yang disediakan panitia, juga disebut-sebut belum sepenuhnya selesai dibangun. Dinding masih tampak belum dicat, sementara atap masih berhiaskan pipa dan material bangunan lainnya.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Situasi makin parah, usai usulan dari Komite Muslim Filipina diacuhkan oleh panitia SEA Games 2019. Seperti dilansir dari Rappler, Selasa 26 November 2019.

Komite Muslim Filipina awalnya menyarankan panitia, untuk memberi perhatian pada anggota kontingen yang beragama Islam. Panitia diminta menyediakan papan penunjuk kiblat, serta menyajikan makanan halal.

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Namun, hal itu tidak digubris. Kontingen dari Singapura disuguhi makanan berupa nasi dengan lauk telur. Pada paket makanan yang dibagikan, juga ada kikiam, yakni lauk yang cara pembuatannya mirip dengan otak-otak.

Namun, jika biasanya otak-otak dibuat dari bahan baku ikan, maka daging yang dipakai untuk membuat kikiam adalah hasil olahan daging babi.

Selain Singapura, beberapa kontingen lain juga dikabarkan menerima paket makanan serupa. Alhasil, mereka harus membeli makan sendiri di luar tempat menginap, dengan uang pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya