Cabor Renang Sumbang Medali Emas Pertama di SEA Games 2019

I Gede Siman Sudartawa menyumbang medali emas pertama dari cabor renang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Salah satu perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa berhasil mempersembahkan medali emas pertama dari cabor renang di SEA Games 2019 Filipina, Sabtu, 7 Desember 2019. Siman turun di nomor andalannya, yaitu 50 meter gaya punggung putra.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Pada babak penyisihan di New Clark City Aquatic Center pukul 09.34 pagi waktu setempat, Siman yang berada di heat dua harus finish di posisi kedua. Perenang tuan rumah Jaden Christian Olson finish pertama dengan catatan waktu 25.99 detik, sedangkan waktu Siman 26.19 detik.

Sementara itu, Farrel Armando Tangkas yang juga turun di nomor ini harus finish posisi keempat dengan catatan waktu 27.36 detik. Dengan begitu dua atlet perwakilan Indonesia lolos ke babak final pukul 19.25 waktu Filipina.

4 Siswa MTsN 3 Malang Buktikan Kualitas dengan Raih Medali Emas di Rumania

Di babak final, I Gede Siman Sudartawa menyumbang medali emas pertama dari cabor renang, yang disaksikan langsung oleh Ketum PB PRSI Anindya Bakrie. Siman berhasil mempertahankan medali emasnya yang ia raih di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Bahkan Siman juga mematahkan rekornya sendiri.

SEA Games 2017 lalu Siman menjadi juara di nomor 50 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 25.20 detik. Sementara SEA Games 2019 kali ini Siman finis pertama dengan catatan waktu 25.12 detik.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

"Ini berkat dukungan pelatih, tim manajer, masseur, sehingga bisa pecah rekor SEA Games. Kejutan juga tadi pak Anin datang untuk memberikan support. Terima kasih PB PRSI," ujar Siman setelah berhasil mempertahankan medali emasnya.

Ketum PB PRSI Anindya Bakrie menyebutkan, keberhasilan yang diraih Siman atas kerja sama tim. Baik dari pelatih, official, pengurus, pemerintah, KOI, KONI dan semua pihak yang sudah membantu.

"Alhamdulilah, ini luar biasa. Selamat kepada Siman, ini berkat kerja sama semua tim dari pelatih, official, pengurus, pemerintah, KOI, KONI dan semua pihak yang telah membantu," ujar Ketum PB PRSI.

"Siman menunjukkan kelasnya. Ini bukan cuma medali emas, tetapi rekor SEA Games," tambah Anindya Bakrie.

Sebagi manajer tim renang, Wisnu Wardhana juga menyebutkan keberhasilan yang diraih juga karena semangat dan kerja sama tim.

"Meski di tiga hari pertama belum maksimal, kita tetap percaya dan berusaha," jelas Wisnu.

Sampai saat ini, Sabtu, 7 Desember 2019 cabor renang sudah menyumbang satu medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya