Logo BBC

Rusia Dicoret dari Piala Dunia 2022

Ilustrasi pesta olahraga internasional. - Getty Images
Ilustrasi pesta olahraga internasional. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Rusia dikenai larangan berkompetisi di semua ajang olahraga selama empat tahun oleh Badan Anti-Doping Dunia (Wada). Ini adalah sanksi terparah yang diberlakukan kepada sebuah negara dalam ajang olahraga.

Artinya, bendera dan lagu kebangsaan Rusia tidak akan muncul dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, serta Piala Dunia 2022 di Qatar.

Akan tetapi, atlet yang bisa membuktikan diri mereka tidak terlibat dalam skandal doping akan diperbolehkan ikut serta dengan menggunakan bendera netral.

Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, mengatakan bahwa pelarangan itu adalah bagian dari "histeria anti-Rusia yang kronis".

"Sangat jelas bahwa masalah besar doping masih terjadi di Rusia, maksud saya dalam komunitas olahraga kami," katanya. "Ini sulit disangkal."

"Tapi di sisi lain, fakta bahwa semua keputusan ini diulangi, sering kali memengaruhi atlet yang sudah dihukum sebelumnya dengan satu atau lain cara, belum lagi beberapa poin lainnya - tentu saja ini membuat orang berpikir bahwa ini adalah bagian dari histeria anti-Rusia yang telah menjadi kronis."

Komite eksekutif Wada dengan suara bulat memberlakukan larangan terhadap Rusia dalam pertemuan di Lausanne, Swiss, pada Senin (09/12).

Hal itu terjadi setelah Badan Anti-Doping Rusia (Rusada) dinyatakan tidak patuh karena memanipulasi data laboratorium yang diserahkan kepada penyelidik pada Januari 2019.

Mereka harus menyerahkan data kepada Wada sebagai syarat setelah menjalani skorsing selama tiga tahun akibat skandal doping yang disponsori negara.