Pakai Suzuki Swift, Toto Michdar Juara Umum Grup F Kejurnas Rally

Pereli Toto Michdar beraksi menggunakan Suzuki Swift
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Persaingan memperebutkan gelar Juara Umum Kejurnas Rally 2019, berlangsung cukup sengit. Pereli FBRT Sport NFT, Toto Michdar harus mengerahkan seluruh kemampuannya, agar bisa unggul dari Abrahan Tarigan.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Mengandalkan Suzuki Swift dan M Zaki sebagai navigator, Toto akhirnya sukses memenangi seri ketiga balapan yang dikemas dengan nama Danau Toba Raly 2019 itu.

"Saya dan Abrahan Tarigan kejar-kejaran terus di setiap seri. Seperti seri satu lalu di Rambong Sialang, Medan. Saat SS (special stage) pertama, saya kalah dua menit. Tapi, Alhamdulillah di beberapa SS selanjutnya, bisa pukul balik waktunya dia," ujarnya di Jakarta, Senin 23 Desember 2019.

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

Dengan kesuksesan tersebut, Toto dinobatkan sebagai juara umum grup F. Keberhasilan yang diraih tahun ini, merupakan sebuah penantian yang tertunda. Sebab, pada musim 2018 lalu ia menghadapi banyak kendala.

“Tahun lalu, mobil saya kecelakaan di tarmac Sentul. Kemudian, saya sakit saat di Sidrap, Sulawesi Selatan, tahun lalu. Diagnosanya demam berdarah,” tuturnya.

Lebih Murah dan Irit dari LCGC, Mobil Ini Sudah Ada di Diler-diler

Setelah merengkuh gelar Juara Nasional tahun ini, Toto merasa bahwa putaran pertama dan kedua yang ia lakoni di Rambong Sialang, Medan, Sumatera Utara, menjadi momen yang paling berkesan.

"Yang paling berkesan dari perjalanan reli tahun ini adalah, di seri satu dan dua. Karena, saya double winner di seri pertama dan seri kedua. Saya jadi yang paling cepat,” ungkapnya.

Tahun depan, Toto melihat bahwa persaingan akan berjalan lebih ketat lagi. Menurutnya, gelar juara umum yang ia dapat tahun ini justru menjadi beban mental.

"Kalau bisa, mempertahankan juara nasional tahun depan. Karena, mempertahankan lebih sulit dari menggapai. Lagi pulam semua orang kan ingin jadi juara nasional,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya