Logo ABC

Menteri Olahraga Australia Mundur Gara-gara Dana Hibah

Menteri Olahraga Australia, Bridget McKenzie.
Menteri Olahraga Australia, Bridget McKenzie.
Sumber :
  • abc

Setelah berhari-hari menjadi sorotan karena skandal hibah sebesar Rp 350 juta, Menteri Olahraga sekaligus Menteri Pertanian Australia Senator Bridget McKenzie akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Minggu (2/2/2020).

Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan Senator McKenzie juga melepaskan jabatannya sebagai Wakil Pimpinan Partai Nasional.

Semuanya berawal pada Februari 2019 ketika Senator McKenzie mengalokasikan dana hibah sebesar 35.980 dolar atau sekitar Rp 350 juta untuk memperbaiki toilet sebuah klub menembak di Wangaratta, negara bagian Victoria.

Hal demikian ini sebenarnya lazim saja dilakukan para anggota parlemen, apalagi Wangaratta memang merupakan daerah pemilihan (Dapil) Senator McKenzie sendiri.

Namun hal ini menjadi sorotan karena belakangan diketahui bahwa Senator McKenzie merupakan anggota dari klub menembak tersebut.

Penyelidikan yang dilakukan Kantor Perdana Menteri dan Kabinet menemukan bahwa Senator McKenzie telah melanggar kode etik menteri karena tidak mengumumkan keanggotaannya pada klub bernama The Wangaratta Clay Target Club itu.

PM Morrison mengutip hasil penyelidikan yang menyatakan bahwa seharusnya potensi konflik kepentingan diumumkan dalam kasus ini.