Daftar Sirkuit Paling Berbahaya di Dunia, Ada Sentul?

Sirkuit Nurburgring Jerman
Sumber :
  • Autosport

VIVA – Balap kendaraan bermotor menjadi salah satu olahraga paling berbahaya, karena saat pertama kali digelar, sudah terjadi kecelakaan. Itu sebabnya, para peserta harus memiliki keterampilan dan keberanian khusus untuk mengikuti olahraga ini.

Tertarik Punya Motor Kencang Ducati Panigale V4 R, Segini Harganya

Selain sering terjadi kesalahan teknis pada kendaraan, faktor sirkuit juga berperan dalam kecelakaan yang mereka alami. Hal ini berlaku di semua sirkuit, termasuk Sentul yang ada di Jawa Barat.

Berikut enam sirkuit balap yang terbilang berbahaya dan memakan korban jiwa, dilansir dari Drivetribe, Sabtu 29 Februari 2020:

Gubernur NTB: Sirkuit MXGP Mulai Dikerjakan Bulan Ini

Nurburgring Nordschleife

Pada sirkuit yang terletak di Jerman bagian barat ini, sudah ada 78 kasus kematian, termasuk 69 kejadian selama kompetisi resmi. Namun, jumlah yang lebih besar tercatat di luar kompetisi, karena sirkuit ini terbuka bagi umum untuk melakukan uji coba.

Taklukkan Sirkuit Mijen, Lucky Hendriansya Double Winner Oneprix Expert

Autodromo Nazionale Monza

Menjadi salah satu sirkuit permanen tertua dunia, Monza juga menjadi salah satu lintasan paling berbahaya. Sudah berusia 98 tahun, Sirkuit Monza sudah menelan korban sebanyak 52 pembalap dan 35 penonton. Jumlah tersebut menjadi yang terbesar sepanjang sejarah kecelakaan di Formula 1.

Indianapolis Motor Speedway

Sirkuit yang menjadi trek balap mobil tertua di dunia ini juga ternyata memakan banyak korban. Sejauh ini, sudah tercatat 73 nyawa yang tewas.

Daytona International Speedway

Juara NASCAR tujuh kali, Dale Earnhardt tewas di lintasan ini pada 2001. Total keseluruhan korban di sirkuit ini ada 40 orang. 

Spa Francorchamps

Sirkuit ini dianggap sebagai salah satu trek balap paling menantang dalam sejarah Formula 1. Bagian yang paling terkenal dari sirkuit ini adalah tikungan Eau Rouge, yang menggabungkan tanjakan curam dan jalan berbelok. Sejak dibuka, sirkuit ini tercatat telah merenggut 23 nyawa pembalap.

De la Sarthe

Sirkuit ini biasanya digunakan untuk balapan yang paling terkenal di dunia, yaitu Le Mans 24 Hours. Di sirkuit ini pula terjadi bencana terbesar dalam sejarah balap.

Mobil Mercedes yang dikemudikan Pierre Bouilline mengalami kecelakaan dan terbang tepat ke arah tribun. 83 penonton tewas, sementara ratusan lainnya terluka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya