Gelar Kejuaraan Nasional di Tengah Wabah Corona, Ini Alasan Pordasi

ilustrasi pacu kuda
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) tetap menggelar Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda. Ini menjadi kejuaraan perdana yang digelar Pordasi di bawah kepemimpinan baru Triwatty Marciano yang resmi dilantik pada 28 Februari 2020 lalu. 

Banyak Kejanggalan, Gerakan Save Pordasi Tolak Putusan Rakor Perpanjang Masa Jabatan Triwatty

Kejuaraan nasional Pacuan Kuda tersebut bertajuk Piala Tiga Mahkota. Seri pertama digelar di Gelanggang Pacuan kuda Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Minggu 15 Maret 2020.

Kemudian seri 2 ketangkasan kuda derby jarak 1.600 meter dijadwalkan berlangsung Mei. Sedangkan seri 3 ketangkasan kuda derby jarak 2.000 meter digelar Juli.

Keputusan Strategis untuk Masa Depan Olahraga Berkuda Indonesia

Perbedaan di antara ketiganya adalah pada jarak. Bagi peraih juara pada ketiga Seri tersebut berhak membawa pulang Piala Tiga Mahkota.
Pordasi
Tercipta sejarah baru 2 ekor kuda raih Piala Tiga Mahkota. Pertama, Kuda Manik Trisula (Febrius Abu Bakar) dari Sumatera Barat 2002 dan Kedua, Kuda Johar Manik (Aragon & Tombo Ati Stable) dari Jawa Tengah pada 2014.

Triwatty Marciano mengatakan, Piala Tiga Mahkota tetap digelar meski di tengah wabah virus Corona Covid-19 karena beberapa alasan. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Tidak dapat dimundurkannya kegiatan pertama PP Pordasi ini terkait dengan usia kuda yang bertanding. Kuda yang bertanding pada Kelas Derby tidak boleh lebih dari 3 tahun. Jika dimundurkan akan banyak calon peserta yang gagal karena melebihi umur tersebut," ucapnya, Selasa 17 Maret 2020.

Meski demikian, penyelenggaran Piala Tiga Mahkota tetap memperhatikan aspek kebersihan dan ketertiban. "Pordasi akan tetap memperhatikan masalah kebersihan dan ketertiban. Kedua hal tersebut dibutuhkan sebagai kewaspadaan atas bahaya virus corona," sambung kepala bidang humas PP Pordasi Dini Hari Usman.

Seri 1 Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota menghasilkan para pemenang sebagai berikut: 

Juara 1: Nama kuda Gallant Eclipse dari Eclipse Stable. Joki dan pelatih: M Soleran dan R Soleran dari Jawa Tengah.
Juara 2: Nama kuda Panco dari Aragon Stable. Joki dan pelatih: S Dedi dan Eddy Saddak, dari Jawa Barat.
Juara 3: Nama kuda Annabelle dari King Halim Stable. Joki dan pelatih: F Turangan dan Karlan dari Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya