Peran Peraih Emas Asian Games 2018 Populerkan Panjat Tebing

Atlet Panjat Tebing, Puji Lestari
Sumber :
  • Pratama Yudha

VIVA – Ingatkah dengan sosok Puji Lestari? Ya, Puji merupakan atlet wanita yang membela Tim Indonesia di Asian Games 2018.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Tak hanya tampil di pesta olahraga terakbar se-Asia itu, Puji juga berhasil mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga panjat tebing. Bersama dengan Aries Susanti Rahayu, Fitriyani, dan Rajiah Salsabila, Puji mendapatkan prestasi tertinggi itu setelah mengalahkan tim China di nomor speed relay putri.

Sebagai atlet, memberikan gelar untuk negara tercinta merupakan rasa puas yang tiada tara. Terlebih, itu membuat olahraga yang digelutinya semakin dikenal masyarakat Indonesia secara luas.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Setahun berlalu, panjat tebing menjadi salah satu olahraga yang semakin digemari. Buktinya, Indonesia sampai ikut merayakan Global Climbing Day.

Global Climbing Day merupakan acara yang diadakan The North Face secara serentak di seluruh dunia. Total ada 297 climbing gym di seluruh dunia yang melakukan acara serupa.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Perhelatan yang pertama di Indonesia akhirnya diadakan pada Sabtu, 24 Agustus 2019 di Paradigm Fitness, Sudirman, Jakarta. Puji turut hadir sebagai bintang tamu dan berbagi ilmu tentang teknik-teknik dasar panjat tebing pada 100 peserta yang meramaikan acara ini.

Bersama event ini juga, Puji berharap panjat tebing semakin populer sehingga banyak muncul bakat-bakat baru yang akan membela Tanah Air di berbagai kejuaraan internasional.

"Senang rasanya bisa ada acara seperti ini. Dengan kegiatan ini olahraga panjat dinding bisa semakin dikenal sekaligus diminati di Indonesia," ujar Puji kepada wartawan.

"Sebelum Asian Games, panjat dinding masih sangat asing di Indonesia. Namun, setelah ajang itu, mulai banyak yang mengenal dan mau mencoba, semoga Global Climbing Day bisa memicu rasa ingin tahun itu semakin besar," tutur dia.

Selain meraih emas di nomor speed relay putri, wanita 29 tahun itu juga mendapatkan medali perak Asian Games 2018 dari nomor speed perorangan putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya