Jalan Mulus Marc Marquez Rebut Juara Dunia MotoGP 2019

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • twitter.com/marcmarquez93

VIVA – Marc Marquez dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2019. Padahal masih tersisa empat seri balapan lagi di musim ini.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Pembalap berjuluk Baby Alien itu memastikan gelar juara dunia usai menjadi yang tercepat pada MotoGP Thailand, 6 Oktober 2019. Total poinnya sekarang menjadi 325.

Raihan poin Marquez tak mungkin lagi bisa dikejar oleh pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso dari Ducati. Ada di peringkat kedua, kini dia mengumpulkan 215 poin.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Andai pun Dovizioso memenangi empat seri tersisa, dan Marquez gagal finis. Poin maksimal yang bisa didapatkannya cuma sampai 315.

Mengutip laman resmi MotoGP, jalan Marquez merebut gelar juara musim ini terbilang mulus. Dari 15 seri yang dijalani, dia berhasil sembilan kali menjadi yang tercepat, lima kali urutan kedua, dan satu tidak bisa finis.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Di awal musim, Marquez harus puas menempati urutan kedua MotoGP Qatar. Dia kalah bersaing dari Dovizioso. Namun, pada seri kedua di Argentina, pria asal Spanyol berhasil melesat sebagai yang pertama.

Satu-satunya kegagalan Marquez menyelesaikan lomba terjadi pada seri ketiga, yakni MotoGP Amerika Serikat. Ketika itu balapan menyisakan 12 putaran lagi, tapi kemudian dia terjatuh dan harus menepi.

Setelah itu, Marquez berhasil menjadi juara pertama beruntun pada MotoGP Spanyol dan Prancis. Sayangnya, di seri keenam yang berlangsung di Italia, dia finish di posisi kedua, di bawah pembalap Ducati, Danilo Petrucci.

Tempat pertama kembali direbut Marquez pada MotoGP Catalunya. Sementara itu, pada seri kedelapan, MotoGP Belanda, dia menempati urutan kedua.

Menjadi yang tercepat dalam dua seri beruntun kembali didapatkan Marquez pada MotoGP Jerman dan Republik Ceko. Setelah itu dua kali beruntun pula dia harus puas sebagai peringkat kedua di Austria dan Inggris.

Pada puncaknya terjadi pada tiga seri terakhir ini. Posisi terdepan dia dapatkan saat tampil di MotoGP San Marino, Aragon, dan yang teranyar Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya