Sesi Kualifikasi MotoGP Australia Ditunda karena Angin Kencang

Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales
Sumber :

VIVA – Sesi kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Philip Island ditunda. Sesi kualifikasi seharusnya digelar pada Sabtu, 26 Oktober 2019. Namun karena adanya angin kencang yang melanda sirkuit, maka diputuskan untuk ditunda.

Sprint Race MotoGP Australia 2023 Dibatalkan, Pembalap Merasa Bersalah

Rencananya, sesi kualifikasi MotoGP akan berlangsung Minggu, 27 Oktober 2019, mulai pukul 10.20-11.00 waktu setempat. Sedangkan balapan MotoGP akan dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat. 

Dikutip dari Crash, sebelum sesi kualifikasi dibatalkan terjadi insiden yang menimpa pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliviera. Ia mengalami kecelakaan diduga karena hilang keseimbangan akibat angin kencang. 

Sprint Race MotoGP Australia 2023 Batal Digelar

Kemudian pihak FIM dan pemimpin MotoGP melakukan pertemuan. Hasilnya sepakat jika sesi kualifikasi dibatalkan. 

"Kami telah mengambil keputusan dari komisi keamanan bahwa kondisi tidak aman karena angin kencang. Ini terlihat ketika Miguel Oliviera terjatuh karena adanya dorongan dari angin. Kami mencoba untuk berhenti hari ini, dan mencobanya lagi besok," kata Karel Abraham dari Avintia Ducati.

Pembalap Ducati Memukau di MotoGP Australia: Bagnaia Finis Kedua, Bastianini Urutan ke-10

Ini merupakan pertama kalinya kualifikasi dibatalkan sejak MotoGP Qatar 2017 lalu. Ketika itu kualifikasi dibatalkan karena hujan dan lampu yang berada di Sirkuit Losail membuat silau pembalap. 

Jika sampai besok sesi kualifikasi tidak bisa digelar, maka posisi grid akan ditentukan dengan waktu latihan bebas gabungan, di mana Maverick Vinales dari Yamaha akan menempati pole position. (ase)

Marc Marquez

Marc Marquez Masih Ragu dengan Kepindahan ke Gresini Racing

Marc Marquez akan jadi bagian dari Gresini Racing Team di MotoGP 2024. Namun, dia mengaku masih ragu dengan motor Ducati yang digunakan timnya nanti.

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023