Emas SEA Games Rasa Olimpiade Bagi Eko Yuli

Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, sabet emas di SEA Games 2019.
Sumber :
  • VIVAnews / Riki Ilham Rafles

VIVA – Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, lagi-lagi menjadi pengumbang emas di SEA Games bagi kontingen Merah Putih. Dalam SEA Games 2019, Eko Yuli sukses mempersembahkan emas dari cabang olahraga angkat berat di nomor 61 kilogram.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Berlaga di Rizal Memorial Sports Complex, Senin 2 Desember 2019, Eko mampu mengalahkan wakil Vietnam, Thach Kim Tuan.

Eko unggul dengan total angkatan mencapai 309 kilogram. Snatch Eko mencapai 140 kilogram. Kemudian clean and jerk, Eko mencapai 169 kilogram.

Top Trending: Jemaah Umrah Alami Keajaiban di Masjid Nabawi, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Meski menorehkan angkatan yang begitu tinggi, Eko mengaku terkejut dengan kekuatan Thach. Sebab, Thach mencatatkan angkatan yang tak biasa.

"Kami merasa, angkatan pertama sudah dapat emas. Sebab, sebelumnya cuma bisa mengangkat 160 sampai 165 kilogram. Tapi hari ini justru lebih," ujar Eko.

Sosok Kapolda Perempuan Pertama, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Ditambahkan Eko, Vietnam memang selalu menjadi pesaing kuat. Bukan cuma di Asia Tenggara saja, bahkan sampai ke tingkat dunia.

"Vietnam ini memang kuat di kelas saya. Mereka masuk lima besar dunia. Kami juga menang poinnya tidak tinggi, paling satu atau dua kilogram. Jadi, kami tidak otomatis dijagokan," kata Eko.

Karena itulah, Eko menganggap SEA Games 2019 rasanya seperti Olimpiade dalam hal persaingan. "Ini SEA Games rasa Olimpiade Mini. Lawannya juga tadi bagus," terang Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya