Medali Emas SEA Games 2019 dan Rekor Baru Siman Sudartawa

Ketum PRSI, Anindya Novyan Bakrie bersama Siman Sudartawa
Sumber :
  • VIVAnews/Riki Ilham Rafles

VIVA – Perenang Indonesia, Siman Sudartawa sukses menyabet medali emas SEA Games 2019 Filipina. Berlomba di New Clark City Aquatic Center, Sabtu 7 Desember 2019, dia menjadi yang tercepat pada nomor 50 meter gaya punggung.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Bukan cuma emas yang sukses didapat Siman. Perenang berusia 25 tahun itu juga memecahkan rekor SEA Games atas namanya sendiri.

Pada SEA Games 2015 Singapura, Siman mencatatkan waktu 25,20 detik. Kenaikan itu diakui perenang asal Bali berkat dukungan internal tim.

Dukung Sport Tourism Lewat Sungailiat Triathlon 2024

"Ini berkat dukungan pelatih, tim manajer, masseur, sehingga bisa pecahkan rekor," ujar Siman saat ditemui usai berlomba.

Siman mempersembahkan emas pertama bagi kontingen renang Indonesia. Sebelumnya dia turun di nomor 100 meter punggung, dan mendapatkan perunggu.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Siman sendiri sedang dalam masa pemulihan cedera bahu. Namun, karena yang dia ikuti adalah SEA Games, adrenalin pun terpacu.

"Ya, karena kalau kita atlet mau bertanding adrenalin-nya tinggi. Setelah ini badan sakit itu lah gunanya masseur," tuturnya.

Karena sempat cedera bahu, Siman memang tidak bisa maksimal dalam menjalani persiapan. Itulah sebabnya, dia memang diharapkan betul menang pada nomor 50 meter gaya punggung.

"Memang targetnya di 50 karena singkat persiapan jadi targetnya di sprinter ini dan bisa meraih emas," ucap Siman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya