Fadlan Prawira Kembali Pecahkan Rekor Nasional di SEA Games 2019

Perenenang Gaya Bebas 400 Meter Putra, A Fadlan Prawira
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – ?Aflah Fadlan Prawira kembali memecahkan rekor nasional renang saat tampil di SEA Games 2019 Filipina. Turun di nomor 400 meter gaya ganti, Fadlan mencatatkan waktu 4 menit 21,30 detik.

Menuju SEA Games 2025, Renang Perairan Indonesia Sabet 4 Emas di Malaysia

Raihan itu tak cuma membuat Fadlan memecahkan rekornas. Namun juga berhak atas medali perak ajang dua tahunan ini.

Fadlan menajamkan rekornas miliknya yang bertahan selama dua tahun. Ketika itu dia mencatatkan waktu terbaik di SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Menuju SEA Games 2023, Tim Renang Indonesia Uji Coba Lawan Singapura

"Sebelumnya 4 menit 22,74 detik. Waktu itu dapatnya di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Sudah dua tahun tidak pecah-pecah," ujar Fadlan.

Fadlan sebelumnya sudah mendapatkan masing-masing satu perak dan perunggu SEA Games 2019. Masih ada satu nomor lagi yang bakal dilakoni, yakni berenang di perairan terbuka.

Kalau Sakti, ke Mana Chintya Candranaya saat SEA Games & Asian Games?

"Alhamdulillah sudah beres semua nomor pertandingan di kolam, tinggal satu lagi nomor yang di laut," imbuhnya.

Sebelumnya, pemecahan rekornas juga dilakukan oleh Fadlan. Turun di nomor 1500 meter gaya bebas, catatan waktunya 15 menit 15,77 detik.

Meski bisa mendapatkan tiga medali SEA Games 2019, dan memecahkan dua rekor, Fadlan masih merasa sedih. Karena dia belum bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

"Sedih sih sebenarnya, bisa memecahkan rekor nasional dua kali di sini, tapi belum bisa kasih medali emas. Sedih tapi tidak kecewa. Bersyukur saja sudah dapat dua perak dan satu perunggu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya