Kata IPSI Setelah Pencak Silat Diakui UNESCO

Ilustrasi Pencak Silat.
Sumber :
  • Dok. JKTC

VIVA – Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) buka suara terkait pencak silat yang diakui oleh Badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk urusan Pendidikan, Sosial, dan Budaya (UNESCO) sebagai warisan budaya asli dari Indonesia.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Hal itu diklaim menyusul sidang ke-14 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bogota, Kolombia pada Kamis 12 Desember 2019. UNESCO menetapkan nominasi Indonesia yaitu Tradisi Pencak Silat (Traditions of Pencak Silat) ke dalam UNESCO Representative of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Kepala Tim Pencak Silat Indonesia, Indro Haryono mengaku bangga dengan pengakuan dunia atas pencak silat. Dia punya harapan lebih agar cabang olahraga ini bisa dipertandingkan di level internasional, khususnya Olimpiade.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

"Ya, bangga juga kan pencak silat akhirnya diakui sebagai warisan budaya Indonesia. Memang pencak silat itu asalnya dari Indonesia, walaupun negara tetangga juga sebelumnya mengklaim," kata Indro ketika dihubungi oleh VIVAnews.

"Pencak silat ini kan pendirinya ada empat negara, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Saya harap Persatuan Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat) ini bisa dikomandoi oleh Indonesia untuk bisa melebar ke level dunia,” ujarnya. 

Pelaku Penganiayaan Tewaskan Santri di Lampung Selatan Ditetapkan Tersangka

“Sinergi juga harus dilakukan oleh pemerintah, sebenarnya pemerintah sejauh ini sudah bagus untuk mendorong pencak silat menuju Olimpiade. Sudah ada workshop dan lain sebagainya di luar negeri namun bisa lebih ditingkatkan lagi," ucapnya.

Dengan ditetapkannya pencak silat, saat ini Indonesia memiliki 11 warisan budaya tak benda UNESCO, antara lain Wayang, Batik, Pelatihan Batik, Angklung, Tari Saman, Noken, Tiga Genre Tradisi Tari Bali, dan Kapal Pinisi. Secara keseluruhan Indonesia memiliki sembilan situs warisan budaya dan alam, dan 15 cagar biosfer Indonesia. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar di antara negara-negara ASEAN lainnya.

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024