Teror Virus Corona, Lalu Zohri Batal Tampil di Kejuaraan Atletik Asia

Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri dipastikan absen di Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2020 yang digelar di Hangzhou, China, 12-13 Februari mendatang. Zohri batal tampil di ajang tersebut lantaran China sedang terjangkit virus corona. 

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dalam pernyataanya mengatakan sebenarnya kejuaraan tersebut merupakan ajang pemanasan bagi Zohri sebelum tampil di Olimpiade 2020. 

Namun, mempertimbangkan kondisi kesehatan, PASI memilih untuk membatalkan keberangkatan Zohri. Di satu sisi, karena banyaknya peserta yang mengundurkan diri, Asosiasi Atletik Asia (AAA) juga memilih untuk membatalkan Kejuaraan Atletik Asia edisi kesembilan itu. 

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

"Dengan mempertimbangkan kondisi China yang sedang bergelut dengan penyebaran virus Corona dan risiko terhadap kesehatan para atlet dan ofisial Atletik maka Asosiasi Atletik Asia (AAA) dengan terpaksa memutuskan untuk membatalkan kejuaraan Asian Athletic Indoor 2020," tulis pernyataan PB PASI.

Daftar 9 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade 2024 Paris
>

"PB PASI yang berencana menurunkan @lalusprinter sebagai ajang pemanasan sebelum turun di Olimpiade 2020 menerima putusan tersebut dan menyampaikan duka mendalam bagi China dan khususnya Asosiasi Atletik China atas bencana kesehatan saat ini. Semoga semua bisa ditangani dan kembali seperti semula." sambung pernyataan tersebut. 

Sebenarnya, selain Zohri, PB PASI juga berencana untuk mengirim atlet lari gawang putri, Emilia Nova dan atlet lompat jauh putra, Sapwaturrahman di ajang tersebut.

Di sisi lain, virus Corona sendiri sudah ditetapkan dengan status darurat di China. Pemerintah China hingga saat ini melansir 1.975 kasus dan sudah 80 orang yang tewas akibat virus itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya