Kisah Menarik di Balik Nomor 8 dan 24 Milik Kobe Bryant

Mendiang Kobe Bryant saat masih membela Los Angeles Lakers
Sumber :
  • Aljazeera.com

VIVA – Banyak hal yang bisa digali dari legenda NBA, Kobe Bryant, sepanjang hidupnya. Salah satu yang menarik adalah mengenai nomor jersey yang dikenakan saat bersama LA Lakers.

Top News: 5 Negara dengan Militer Terkuat, Pangdam XIII/Merdeka Rotasi 3 Pati dan 5 Pamen

Tak seperti pemain pada umumnya, Bryant identik dengan dua nomor, 8 dan 24. Dua jersey tersebut memiliki cerita tersendiri di balik karier cemerlang Bryant.

Di awal kariernya di NBA pada 1996, Bryant mengenakan nomor punggung 8. Menurut ESPN, itu adalah jumlah dari nomor kamp Adidas-nya, 143. Nomornya bertambah menjadi 8, sesuai dengan yang pernah dia kenakan saat masih kecil dan berkarier di Italia.

Catat! Cuma 5 Nomor Ini Dipakai Polda Metro Kirim Surat Tilang Via WA

Saat memutuskan pensiun dan Lakers mempensiunkan nomor 8 dan 24, Bryant bercerita mengenai dua nomor tersebut. Ada kisah yang berbeda di balik keduanya.

"Ketika saya pertama kali datang di usia 8 tahun, saya mencoba untuk menanam berbagai hal. Saya harus membuktikan diri di liga ini (NBA). Saya harus membuktikan bahwa saya yang terbaik di liga ini. Ini adalah energi yang tak bisa berhenti dengan agresivitas dan semacamnya," kata Bryant dilansir CBS Sports.

Kento Momota Tak Mau Jauh-jauh dari Bulutangkis Usai Pensiun

Bryant menukar nomornya menjadi 24 sejak musim 2006/07, hingga pensiun pada 2016. Keputusan itu diambil karena ketika masih SMA, Bryant juga pernah mengenakannya.

"Angka 24 adalah lambang dari pertumbuhan. Atribut fisik sudah tak sama seperti dulu, tapi tingkat kedewasaan sudah lebih tinggi. Pernikahan, anak-anak. Saatnya memiliki perspektif lebih luas sebagai orang yang lebih tua di tim, sedangkan lawan menjadi lebih muda. Berbagai hal sudah berevolusi," tutur Bryant saat itu.

Bryant menjuarai tiga gelar NBA dengan nomor 8, sedangkan dua final dia lalui dengan nomor 24. Dia tampil dalam pertandingan NBA All Star dengan nomor pertamanya sebanyak 8 kali, lalu 10 kali mengenakan nomor 24.

Bryant mencatat 16.777 poin dengan nomor 8. Sedangkan 16.866 poin didapatnya saat mengenakan nomor 24.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya