Dampak Positif Penundaan Piala Eropa dan Copa America

Trofi Piala Eropa
Sumber :
  • vbetnews

VIVA –  Virus corona COVID-19 kembali memberikan dampak besar di dunia sepakbola. Dua turnamen besar di tahun ini, Piala Eropa dan Copa America resmi diundur setahun menjadi 2021.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

UEFA membuat keputusan ini berdasarkan rapat yang digelar melalui konferensi jarak jauh, Selasa 17 Maret 2020 waktu setempat. Penundaan Piala Eropa 2020 ke tahun 2021 juga telah diungkap oleh federasi sepakbola Norwegia.

"UEFA telah memutuskan bahwa Piala Eropa akan ditunda hingga 2021. Piala Eropa akan digelar dari 11 Juni hingga 11 Juli tahun depan," demikian bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

Ada yang Menelepon, Toni Kroos Kembali Main di Timnas Jerman

"Musim panas 2021 relatif sepi dari turnamen besar. Kemungkinan menyelesaikan liga-liga Eropa pada tahun ini akan dibahas serius oleh seluruh 55 anggota UEFA," lanjut pernyataan tersebut.

Divonis Meninggal, Sven-Goran Eriksson Ungkap Permintaan Terakhir ke Timnas Inggris

Langkah UEFA ini diikuti oleh Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL). Mereka menunda agenda Copa America yang seharusnya bergulir di tahun ini.

CONMEBOL pun akhirnya menggeser jadwal pergelaran Copa America menjadi pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Keputusan ini diambil setelah CONMEBOL berkordinasi dengan federasi negara-negara peserta Copa America 2020, serta juga merujuk pula keputusan UEFA yang menunda gelaran Piala Eropa 2020.

"Setelah analisis terperinci tentang situasi mengenai dunia dan evolusi regional dari coronavirus (COVID-19), dan rekomendasi yang dibuat oleh organisasi internasional di bidang kesehatan masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan ekstrem, CONMEBOL mengumumkan penundaan edisi ke-47 dari CONMEBOL Copa America hingga tanggal 11 Juni hingga 11 Juli 2021,” bunyi pernyataan resmi Copa America.

Angin Segar untuk Liga Top Eropa
Keputusan ini bisa berdampak baik untuk lima liga top Eropa. Saat ini, Serie A, Premier League, LaLiga, Bundesliga, dan Ligue 1 sedang ditunda karena virus corona.

Dengan ditundanya Piala Eropa dan Copa America, masih ada waktu bagi liga-liga tersebut untuk menyelesaikan kompetisi.

Salah satu klub yang menyambut baik keputusan ini adalah Manchester United. Bagi MU, memang tak ada pilihan lain, karena saat ini wabah virus corona menjadi ancaman nyata. Penundaan kompetisi domestik dan regional tentu turut mengubah jadwal Piala Eropa.

Photo :
  • Daily Mirror

Kami mencatat keputusan untuk menunda Piala Eropa 2020 agar kompetisi domestik dan regional sampai pada kesimpulan sebagai prioritas," demikian sikap MU, dikutip dari Tribal Football.

"Virus corona jelas telah menciptakan serangkaian keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kesehatan dan kesejahteraan para suporter, pemain, dan staf harus didahulukan," lanjutnya.

Serie A juga memiliki banyak waktu untuk melanjutkan kompetisi. Menurut laporan Football Italia, klub-klub sepakat untuk menggelar kembali kompetisi pada 9 Mei 2020. Kemungkinan besar, Serie A baru rampung di pertengahan Juli.

Rencana awal, kompetisi bakal kembali bergulir pada 3 April 2020. Namun, sepertinya hal itu mustahil melihat wabah COVID-19 yang semakin parah di Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya