8 Atlet Muslim Ternama di Dunia, Nomor 6 Asal Indonesia

Mike Tyson dan Khabib Nurmagomedov
Sumber :
  • Instagram/khabib_nurmagomedov

VIVA – Terdapat beberapa atlet Muslim ternama di dunia yang wajib diketahui. Selain itu, saat ini sudah banyak sekali perhelatan olimpiade yang ada di dunia. Mulai dari NBA, Liga Champions, dan juga UFC. Tentunya, setiap olimpiade olahraga banyak atlet-atlet profesional yang sangat hebat dan beragama Islam. Bahkan, mereka bisa dikatakan yang cukup berpengaruh di dunia.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Apalagi sepanjang periode sejarah, cukup banyak atlet Muslim yang bisa mencatatkan medali emas sepanjang kariernya. Oleh sebab itu, VIVA mencoba merangkum deretan atlet Muslim ternama di dunia yang sudah meraih kesuksesan di dunia olahraga seperti disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Siapa Saja Atlet Muslim Ternama di Dunia?

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

1. Mike Tyson (Tinju)

Legenda tinju dunia, Mike Tyson

Photo :
  • Triller
7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Mike Tyson merupakan legenda tinju dunia. Mantan pemegang sabuk juara dunia kelas berat ini dikenal sebagai mualaf dan sangat mencintai Islam. Ada cerita bahwa Tyson masuk Islam selama dipenjara dari tahun 1992 hingga 1995. Namun, petinju yang baru kembali pada tahun 2020 ini membenarkan bahwa dirinya telah menjadi muslim sebelum dipenjara karena pemerkosaan. Kini, Mike Tyson mencoba untuk terus mendalami Islam.

Bahkan, ia memiliki nama Islami, Malik Abdul Aziz. Meski nama islaminya jarang digunakan, Mike Tyson tetap mempertahankan nama Malik Abdul Aziz. Mike Tyson tidak mengikuti jejak pendahulu dan idolanya Muhammad Ali. Muhammad Ali masuk Islam pada tahun 1961 dan kemudian meninggalkan nama aslinya Cassius Marcellus Clay Jr. Meski begitu, Mike Tyson tetap mengikuti jejak Muhammad Ali dan menganut ajaran Islam. Mike Tyson selalu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik.

2. Khabib Nurmagomedov (MMA)

Khabib Nurmagomedov Source : Republika

Photo :
  • republika

Saat membahas dunia seni bela diri campuran (MMA), nama Khabih Nurmagomedov merupakan salah seorang yang paling terkenal saat ini. Semua orang tahu nama Khabib karena kemampuan segi delapannya yang kuat. Sejak debutnya di UFC, Habib tetap tak terkalahkan. Khabib yang dijuluki Eagles menyabet 28 pertandingannya dengan kemenangan.

Karena kelakuannya di luar segi delapan, Habib semakin menjadi idola. Petarung asal Rusia ini merupakan seorang umat Muslim yang taat. Khabib sholat lima kali sehari sebanyak yang dia bisa selama pelatihannya yang sibuk. Kemampuan, prestasi, dan sikap Khabib menempatkannya di puncak UFC.

3. Muhammad Ali (Tinju)

Muhammad Ali

Photo :
  • NBC News

Dalam hal tinju, Muhammad Ali jelas merupakan salah satu atlet Muslim paling terkenal. Dia bahkan memiliki status legendaris di dunia tinju. Hingga kini, Ali masih menginspirasi dunia internasional, baik sebagai atlet maupun sebagai seorang Muslim. Pria yang dijuluki The Greatest dianggap sebagai salah satu tokoh olahraga paling penting dan terkenal abad ke-20, dan salah satu petinju terhebat sepanjang masa.

Sepanjang karir tinjunya, Ali telah menorehkan banyak prestasi, mulai dari meraih medali emas Olimpiade hingga menjadi juara dunia kelas berat. Meski dikenal sebagai seorang Muslim, Ali sebenarnya adalah seorang mualaf. Dia baru percaya pada Islam pada tahun 1961.

4. Zinedine Zidane (Sepakbola)

Mantan Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Photo :
  • twitter.com/realmadriden

Zinedine Zidane adalah pesepakbola muslim tersukses di dunia sepakbola. Kemampuannya dalam dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya berkarier apik sebagai pemain, Zidane juga menorehkan prestasi gemilang saat menyandang status sebagai pelatih saat ini. Semasa masih aktif menjalani karier sebagai pesepakbola profesional, Zidane mampu menyabet berbagai trofi bergengsi.

Beberapa di antaranya adalah mengantar Timnas Prancis juara di Piala Dunia pada 1998 dan Piala Eropa pada 2000. Kini, saat menjadi pelatih, Zidane juga menorehkan prestasi yang tak kalah fantastis. Ia mampu membawa Real Madrid meraih berbagai gelar juara bergengsi. Salah satunya adalah di Liga Champions dalam tiga musim beruntun. Terbaru, ia juga mengantar Madrid juara Liga Spanyol musim ini.

5. Mesut Ozil (Sepak Bola)

Mesut Ozil.

Photo :
  • U-Report

Mantan playmaker Arsenal, Mesut Ozil merupakan salah satu dari sekian banyak atlet Muslim ternama dunia. Ia menggunakan akun Instagramnya untuk menyatakan kecintaannya kepada agama Islam.

Pemain Timnas Jerman ini memakai setiap kesempatan untuk mendorong para penggemar dan umat Muslim supaya bergabung dengannya dalam melucuti ketakutan dalam mempraktikkan ajaran Islam. Ia merupakan salah satu pemain sepak bola yang mempraktikkan Islam dan sudah beberapa kali memperlihatkan kecintaannya kepada agama Islam.

6. Taufik Hidayat (Bulu Tangkis)

Taufik Hidayat saat rebut medali emas Olimpiade Athena 2004

Photo :
  • www.foxsportspulse.com

Taufik Hidayat merupakan salah satu atlet bulu tangkis muslim tersukses. Atlet yang memiliki status legenda bulu tangkis dunia dan tanah air ini telah mencicipi berbagai gelar juara dalam karirnya. Menurut catatan, Taufik pernah meraih dan merasakan juara di berbagai kompetisi bulu tangkis ternama.

Taufik juga mendominasi Asian Games (1998, 2002 dan 2006), Olimpiade (2004) dan Kejuaraan Dunia (2005). Semua prestasi tersebut membuat Taufik masuk dalam jajaran elit tunggal putra dunia bersama dengan Lin Dan (China) Lee Chong Wei (Malaysia), dan Peter Gade (Denmark) kala itu. Sampai saat ini, belum ada tunggal putra Indonesia yang bisa menandingi kehebatan dan prestasi Taufik.

7.  Laila Ali (Petinju)

Legenda tinju dunia, Muhammad Ali dan anaknya Laila Ali

Photo :
  • Nicki Swift

Laila Ali adalah seorang petinju profesional wanita yang berasal dari Negeri Paman Sam. Kemampaunnya berasal dari sang ayah karena merupakan legenda tinju dunia, Muhammad Ali. Ia adalah salah seorang petinju wanita tersukses di dunia. Laila memutuskan untuk pensiun sesudah membuat rekor tak terkalahkan 24-0. Sepanjang kariernya, ia sudah memboyong tiga kali gelar juara dunia.

8. Kareem Abdul-Jabbar (Basket)

Kareem Abdul-Jabbar

Photo :
  • nymag.com

Dari namanya, kita sudah tahu bahwa dia adalah seorang umat Islam. Pria ini rupanya seorang mualaf dengan nama asli Lew Alcindor yang memeluk agama Islam sejak tahun 1971. Ia melakoni kariernya sebagai seorang pemain NBA selama 20 tahun mulai dari 1969 sampai 1989. Prestasi Kareem begitu luar biasa. Dia merupakan peraih lima gelar MPV dan perengkuh 5 gelar juara NBA selama memakai kostum L.A Lakers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya