Jumlah Pemain Bola Voli , Lengkap dengan Aturan Mainnya

Atlet bola voli Korea Selatan Moon Sung-min (merah) di Asian Games 2018.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Jumlah pemain bola voli dalam setiap regu sebenarnya terdapat 12, namun itu sudah termasuk dengan 6 anggota yang duduk di bangku cadangan. Tapi dalam aturan FIVB, sebuah tim dapat memiliki total hingga 14 pemain. Tim yang paling populer di bola voli adalah tim internasional. Di antara tim terbaik termasuk Brasil, Italia, Amerika Serikat dan Polandia.

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

Bola Voli Putra Asian Games Invitation Tournament

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pembahasan soal jumlah pemain bola voli tentu beragam dan menarik untuk diketahui. Untuk lebih memahami seluk beluk hingga jumlah pemain bola voli, lebih baik kita simak apa itu permainan bola voli, mulai dari sejarah, pemain, tim dan lainnya, seperti yang akan kami bahas berikut ini.

Indonesia U-23 Sudah Kantongi Kekuatan Jordania U-23

Apa itu Bola Voli?

Bola voli merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia dan hadir di setiap benua. Permainan bola jenis ini dapat dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan, dan tentunya membutuhkan peralatan yang sangat sederhana untuk memulainya.

Dari Sepakbola ke Voli, Keluarga Cerita Megawati Hangestri Kecil

Permainan bola voli semakin berkembang menjadi olahraga Olimpiade dan profesional sejak didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu. Dan setiap tahunnya, olahraga ini semakin saja menikat popularitasnya.

Bola voli adalah permainan beregu yang dimainkan dengan bola dan jaring. Ada tim di kedua sisi jaring.  Satu tim memukul bola melewati garis net dan masuk ke lapangan atau area tim lain, tim lain kemudian harus memukul bola kembali melewati net dan dalam batas dalam tiga kali percobaan tanpa membiarkan bola menyentuh lantai. 

Ada 2 jenis utama bola voli kompetitif yang dimainkan di seluruh dunia. Mereka adalah indoor dan voli pantai. Keduanya adalah olahraga yang merupakan bagian dari pertandingan Olimpiade dan memiliki liga yang kompetitif.

Bola voli beregu dimainkan di dalam ruangan di lapangan keras dengan 6 anggota per tim. Bola voli pantai dilakukan di luar ruangan di atas pasir dengan 2 anggota per tim. Aturan, strategi, dan pembahasan disini akan fokus pada permainan bola voli beregu.

Siapa pun dapat bermain bola dengan teman dengan beberapa orang dan hampir semua orang dapat bergabung. Untuk menjadi pemain yang kompetitif membutuhkan banyak latihan. Ketinggian yang baik dan kemampuan melompat diperlukan untuk memainkan permainan.

Sejarah Bola Voli

Sejarah bola voli

Photo :

William Morgan menemukan permainan Bola Voli pada tahun 1985. Dia adalah direktur atletik di YMCA dan mencoba meniru bola basket dan menciptakan bola voli. Sejak itu, peraturan telah berubah di sana-sini, tetapi dengan cepat menjadi olahraga populer di YMCA. Nama voli muncul ketika seorang pria bernama Alfred Halstead memperhatikan bagaimana permainan memiliki sifat voli. Orang-orang mendeklarasikannya dengan nama bola voli dan namanya mencuat. Permainan ini pertama kali dimainkan di Olimpiade pada edisi 1964. Jepang memenangkan medali emas pertama dalam kategori bola voli putri sedangkan Uni Soviet memenangkan emas pertama untuk kategori bola voli putra.

Bola Voli yang Digunakan

Bola voli dalam ruangan pada dasarnya berwarna putih tetapi mungkin memiliki beberapa corak lain juga. Biasanya terbuat dari kulit dengan 8 atau 16 panel. Bola voli dalam ruangan resmi memiliki berat 9,2 – 9,9 ons & lingkar 25,5 -26,5 inci. Bola standar memiliki tekanan udara 4,3 – 4,6 psi. Bola voli remaja sedikit lebih kecil. Bola pantai sedikit lebih besar, beratnya sama, tetapi memiliki tekanan udara yang jauh lebih sedikit.

Dimensi Lapangan Bola Voli

Lapangan voli

Photo :

Lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Ini dibagi menjadi sisi di tengah oleh jaring. Lebar jaring adalah 1 m dan dipasang pada ketinggian 7 kaki 11 5/8 inci di atas tanah (kira-kira 8 kaki). Fitur utama lainnya adalah garis yang ditarik di setiap sisi 3 m dari jaring & sejajar dengan jaring. Garis ini disebut garis serangan. Ini mendefinisikan barisan depan dan barisan belakang bagian dari lapangan Bola Voli.

Aturan Main Bola Voli

- Harus ada hanya enam pemain di lantai bola voli pada waktu tertentu. 3 di barisan depan dan 3 di barisan belakang.
- Poin dibuat pada setiap servis, yang disebut skor poin reli.
- Pemain tidak diperbolehkan memukul bola dua kali berturut-turut (blok tidak dianggap sebagai pukulan).
- Bola yang mengenai garis batas dianggap 'dalam'.
- Sebuah bola 'keluar' jika menyentuh antena, salah satu kabel atau jaring di luar antena, area lantai sepenuhnya di luar lapangan, tiang atau tribun wasit, atau langit-langit di atas area yang tidak dapat dimainkan.
- Menyentuh bola dengan salah satu bagian tubuh pemain dianggap sah dalam permainan bola voli.
- Adalah ilegal untuk melempar, menahan atau menangkap bola.
- Adalah ilegal untuk menyerang atau memblokir servis dari atau di dalam garis 10 kaki.
- Setelah servis selesai, para pemain garis depan diperbolehkan berganti posisi di net.
-  Pertandingan terdiri dari set, jumlahnya tergantung pada level permainan.

Jumlah Pemain Bola Voli

Jumlah pemain bola voli dalam setiap regu terdapat 12 orang. 12 orang itu sudah termasuk dengan 6 orang anggota cadangan yang duduk di bangku cadangan. Dan 6 anggota lainnya turun langsung ke lapangan bola voli.

Dari setiap anggota pemain voli yang turun ke lapang tentunya memiliki posisinya masing-masing.

1. Ada tiga pemain berada di bagian depan di depan net/jaring. Pemain baris depan terdiri atas posisi empat (di mana mereka berada di sebelah kiri) posisi tiga (berada di sebelah tengah) posisi dua (berada di sebelah kanan). 

Tiga pemain yang lain berada di bagian garis belakang yang menduduki posisi lima (sebelah kiri) posisi enam (di tengah) dan posisi satu (di sebelah kanan). 

2. Pada waktu servis, para pemain boleh bergerak dengan bebas dan tetap menempati posisi dalam lapangan bola voli.
 
3. Rotasi putaran saat melakukan servis dilakukan, apabila regu menerima berhasil mematikan pemain regu lawan tersebut. Putaran dilakukan searah jarum jam. Jadi, jumlah pemain bola voli adalah 12 orang secara total. Namun, yang turun di lapangan tetap 6 orang, ya!

Jadi, keseluruhan untuk jumlah pemain bola voli adalah 12 orang. 

Posisi dan Peran

Terdapat posisi dan peran dalam permainan bola voli, beberapa di antaranya seperti ada berikut ini;

1. Pemukul luar

Dianggap sebagai titik fokus serangan dan melengkapi sebagian besar serangan-serangan. Pemukul luar juga menjadi salah satu umpan utama dan bermain di barisan depan dan belakang.

2. Opposite Hitter

Pemain ini cenderung memiliki keserbagunaan paling banyak dan dapat unggul, baik dalam menyerang maupun bertahan. 

3. Setter

Ini pada dasarnya merupakan quarterback atau point guard tim. Mereka harus memiliki sebuah keterampilan komunikasi yang kuat saat mereka mengarahkan pelanggaran dan membuat keputusan cepat.

4. Middle Blocker/Hitter

Ini biasanya tempat atlet tertinggi tim akan bermain. Mereka perlu membaca pemukul lawan untuk mengatur blok dan menggunakan serangan cepat saat menyerang.

5. Libero

Ini adalah posisi yang fokus pada pertahanan, bermain hanya di barisan belakang dan menerima serangan atau servis. Pemain dengan keterampilan bertahan dan passing yang baik akan menemukan kesukesan paling besar di posisi ini.

6. Defensive Specialist
Pemain ini akan menggantikan pemain yang mungkin tidak memiliki skill untuk barisan belakang. Posisi ini terbatas pada situasi tertentu, karena tergantung pada sub peraturan liga.

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster

Dihajar Persib Bandung, Persebaya Surabaya Siap Bangkit Demi Hindari Degradasi

Persebaya Surabaya harus mengakui ketangguhan Persib Bandung dipekan ke-32 Liga 1 2023/2024. Bajul Ijo takluk dengan skor akhir 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024