Harapan Pebulu Tangkis Hendra Setiawan di HUT RI: Anak Muda Harus Maju

Hendra Setiawan
Hendra Setiawan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Sport – Menjadi tradisi bangsa Indonesia setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan, suasana meriah sepanjang bulan Agustus sangat terasa di mana-mana. Mulai dari pelosok desa hingga ke penjuru kota.

Kemerdekaan sudah kita rasakan sejak lama dan saat ini kita berada pada era globalisasi di mana serba keterbukaan informasi dan kemudahan akses teknologi. Kesempatan ini tentu menjadi peluang bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk berkontribusi dalam mengisi dan memaknai kemerdekaan dengan lebih optimal.

Dalam menyambut peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk memperlihatkan rasa cintanya akan tanah air, seperti menjaga dan merawat lingkungan dan budaya, mengharumkan nama bangsa dengan karya dan prestasi, serta bangga menggunakan produk lokal buatan Indonesia.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bertanah air, salah satunya melalui olahraga. Olahraga saat ini menjadi salah satu media yang penting dalam menumbuhkan semangat nasionalisme.

Prestasi Indonesia dalam kancah olahraga nasional maupun internasional semakin terlihat kemajuannya, hal tersebut bisa ditunjukkan dari berbagai pertandingan yang diikuti oleh Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang dunia olahraga, khususnya atlet yang dikirim untuk bertanding, bukan hanya sebagai wadah untuk mengekspresikan karya dan kerja keras namun juga sebagai representasi kebanggaan negara di kancah dunia.

Banyak sekali torehan prestasi atlet Indonesia yang tentunya sangat membanggakan. Berbagai cabang olahraga turut ambil bagian dalam mengharumkan nama bangsa. Salah satu cabang olahraga yang menjadi primadona di Indonesia adalah Bulu Tangkis.

Perkembangan bulu tangkis di Indonesia cukup pesat dan Indonesia menjadi negara yang cukup sering menjuarai kompetisi bergengsi di kancah internasional.

Sejumlah atlet Indonesia mampu mengepakkan sayap di berbagai pertandingan, salah satunya adalah Hendra Setiawan, pebulu tangkis senior kebanggaan Indonesia yang meraih banyak medali emas beberapa contohnya pada tahun 2015 dan 2019 dalam perhelatan BWF World Championships untuk kategori ganda putra, maupun pada Piala Thomas 2020.

“Menuju hari peringatan Kemerdekaan ke-77 Indonesia, tentu menjadi momen yang pas untuk terus meningkatkan semangat kebangsaan. Saya merasa bangga bisa ikut berjuang untuk membawa nama Indonesia saat bermain di kejuaraan dunia," kata dia lewat press release Shopee kampanye Festival Pilih Lokal 17.8 kepada VIVA.CO.ID, Senin 15 Agustus 2022.

Tak hanya itu, menurut Hendra, setiap atlet harus berusaha fokus dalam pertandingan.

"Dan tentunya bermain dengan sepenuh hati menjadi cara terbaik bagi saya untuk membuktikan diri dan meraih prestasi untuk Indonesia. Saya berharap generasi muda bisa terus berani untuk maju dan
berkarya dalam bidangnya masing-masing untuk membuat nama Indonesia semakin harum," tutur Hendra Setiawan melanjutkan.

Seperti diketahui, Hendra Setiawan mengawali kariernya berpasangan dengan Markis Kido dan pernah menduduki peringkat pertama dunia IBF untuk ganda putra. Gelar yang pernah didapat adalah juara dunia 2007 di Malaysia, juara China Super Series 2007 dan Hongkong Super Series 2007.

Pada tahun 2008 juga menjadi pasangan Kido/Setiawan juara di Malaysia Super Series. Bersama Mohammad Ahsan juga meraih berbagai kesuksesan di antaranya tiga kali memenangkan kejuaraan dunia.